Gulai Ikan Palau Bumbu Rempah, Menggugah Selera Makan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Kuliner berbahan ikan air tawar banyak jadi alternatif lauk dengan varian olahan berbahan bumbu rempah. Salah satu varian kuliner berbahan ikan air tawar dari jenis ikan palau atau Osteochilus vittatus.

Suprihastini, warga Desa Kelaten, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan mengolah ikan palau menjadi gulai nan lezat.

Proses penyiapan beragam bumbu yang ditumis oleh Suprihastini di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Sabtu (11/9/2021) – Foto: Henk Widi

Ikan palau atau kerap disebut ikan nilem merupakan hasil tangkapan dengan jaring di sungai Way Asahan. Ikan palau, hasil tangkapan diolah di salah satu rumah kerabatnya di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan.

Ikan palau yang memiliki sisik terlebih dahulu dibersihkan, bagian kotoran perut dikeluarkan. Cuci bersih dengan air mengalir, kucuri dengan perasan jeruk nipis agar aroma amis hilang.

Tahap selanjutnya, Suprihastini menyiapkan bumbu gulai. Ia menggunakan resep bumbu dari bahan bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, batang serai merica, lengkuas, kemiri, cabai merah, gula merah, garam.

Semua bumbu tersebut dihaluskan memakai blender. Sebagai pelengkap agar lebih lezat bumbu diberi tambahan daun jeruk, daun kemangi dan daun salam.

“Tumis semua bumbu halus dalam wajan memakai minyak goreng hingga tercium aroma harum, taburkan gula, garam dan penyedap rasa hingga semua bumbu tercampur merata. Tahap selanjutnya ikan palau yang telah dibersihkan dituangkan dalam wajan diaduk dengan semua bumbu,” terang Suprihastini saat ditemui Cendana News, Sabtu (11/9/2021).

Suprihastini bilang ikan palau yang telah dicampurkan dengan semua bumbu lalu diungkep. Tutup hingga bumbu matang lalu tambahkan daun kemangi, daun salam hingga aroma tercium harum.

Ikan palau yang memiliki daging lembut dimasak dalam waktu seperempat jam. Biarkan uap berada dalam wajan hingga bumbu rempah meresap dalam daging ikan palau.

Agar rasa lebih terasa, Suprihastini bilang menambahkan bubuk lada, merica. Penambah rasa pedas tersebut sekaligus sebagai penguat rasa selain cabai rawit. Agar memiliki kuah yang lebih kental, tambahkan santan kelapa yang telah diparut.

Didihkan santan hingga matang dan tunggu gulai ikan palau matang. Gulai ikan palau dengan bumbu rempah siap disajikan dalam kondisi hangat.

Kunci kelezatan gulai sebut Suprihastini dilakukan dengan menambahkan irisan tomat, asam kandis. Perpaduan rasa asam atau kecut pada gulai akan menciptakan sensasi yang bervariasi pada lidah.

Setelah mencecap rasa gurih ikan, santan, pedas maka lidah akan merasakan rasa kecut. Semua paduan rasa tersebut akan bertambah lezat disajikan dengan nasi hangat.

“Agar lebih lezat saat penyajian bisa ditambahkan sambal matah dari tomat rampai dan cabai rawit penambah kelezatan gulai ikan palau,” ulasnya.

Remi, salah satu anggota keluarga menyebut gulai ikan air palau lezat selagi hangat. Olahan berbahan ikan air tawar tersebut diakuinya memiliki daging yang empuk.

Tulang lunak melalui proses memasak ungkep membuat duri mudah dipisahkan. Sepiring nasi hangat sebutnya dituangi dengan kuah gulai ikan palau yang memiliki aroma menggugah selera.

“Karena dibuat dari beragam bumbu rempah dan meresap hingga ke daging membuat gulai ikan palau cukup lezat,” ulasnya.

Kentalnya kuah gulai ikan palau sebut Fransiska membuat ia bisa menikmati nasi hangat yang pulen. Pada tahap awal dengan menikmati nasi bersama dengan kuah gulai, ia lebih lahap.

Tahap selanjutnya ia bisa menambah nasi untuk menikmati gulai ikan palau buatan sang adik. Menikmati gulai ikan palau saat penghujan sebutnya bisa menghangatkan badan.

Gulai ikan palau sebutnya akan tetap lezat hingga tiga hari. Kuncinya gulai tidak diaduk aduk agar santan tidak pecah.

Gulai ikan palau dengan santan akan semakin bertambah gurih saat dipanaskan. Menikmati gulai ikan palau sebutnya bisa dipadukan dengan lalapan petai, jengkol dan daun kemangi.

Sajian gulai ikan palau menjadi pengguah selera makan bersama dengan sepiring nasi hangat.

Lihat juga...