Harga Rumput Laut di Nunukan Kembali Naik

NUNUKAN — Setelah sempat turun drastis selama berbulan-bulan, harga rumput laut kering di Kabupaten Nunukan, Kaltara kembali naik menjadi Rp14.000 per kilogram sejak dua pekan lalu.

“Baru dua minggu ini harga rumput laut naik lagi menjadi Rp14.000 per kilo (gram),” ujar Blasius Kibaeni, salah seorang pembudidaya rumput laut di Nunukan, Jumat (10/9/2021).

Sebelumnya kata dia, harga hanya berkisar Rp11.500 per kilogram yang berlangsung selama berbulan-bulan. Penurunan harga sebelumnya itu, kata Blaisus, informasinya disebabkan oleh kurangnya permintaan dari negara pengimpor akibat virus corona.

Namun pembudidaya rumput laut di Kabupaten Nunukan terus bertahan pada harga tersebut dengan harapan dan pengalaman, setelah turun harga suatu waktu akan naik lagi, sebut Blasius.

Kemudian seorang pengepul rumput laut Kabupaten Nunukan, Kamaruddin pada Jumat membenarkan adanya kenaikan harga sejak dua pekan lalu dari sebelumnya berkisar Rp11.200 per kilogram dan sekarang langsung naik menjadi Rp14.000 per kilogram.

Bahkan dia beberkan, biasanya membeli rumput laut langsung ke pembudidaya antara Rp13.900-14.200 per kilogram dengan kadar air maksimal 38 persen.

Kamaruddin menyatakan penurunan harga selama berbulan-bulan disebabkan oleh kurangnya permintaan dari pengusaha di Makassar dan Surabaya, Jatim sejak sebelum bulan puasa 2021 hingga akhir Agustus 2021. (Ant)

Lihat juga...