Hari Pertama Penerapan Ganjil-Genap, Polda Metro Tilang 49 Kendaraan Pelanggar

Polisi berjaga di pos pengendalian mobilitas ganjil-genap kendaraan, Jalan Terusan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (30/8/2021) - foto Ant

JAKARTA  Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, telah menindak pelanggaran, terhadap 49 kendaraan roda empat, karena melanggar di tiga kawasan larangan pelat nomor ganjil-genap pada Rabu (1/9/2021) ini.

“Hari pertama ganjil genap, ditilang sebanyak 49 kendaraan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (1/9/2021).

Sambodo menjelaskan, ada 35 kendaraan yang ditilang di Jalan Sudirman, 14 kendaraan di Jalan MH Thamrin, sedangkan di Jalan Rasuna Said tidak ditemukan pelanggaran. Lebih lanjut dikatakan, para pelanggar tersebut dikenakan Pasal 287 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam hal ini tentang pelanggaran rambu dengan denda maksimal Rp500 ribu.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah mengurangi kawasan pemberlakuan kebijakan ganjil-genap dari delapan menjadi tiga kawasan, hal tersebut dilakukan, seiring dengan penyesuaian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Jakarta.

Tiga kawasan ganjil-genap tersebut adalah, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat dan Jalan Rasuna Said Jakarta Selatan. Jam penerapan sistem ganjil-genap ini juga masih sama dengan sebelumnya, sejak pukul 06.00 pagi hingga 20.00 WIB. Ada pengecualian, bagi sepeda motor, kendaraan pelat kuning, plat dinas TNI-Polri, kendaraan dinas pelat merah maupun pelat nomor dinas lainnya, yang diakui Undang-Undang. (Ant)

Lihat juga...