Hari Rabies Sedunia, Sleman Terima 600 Dosis Vaksin Rabies

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA —  Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono, menyatakan pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sleman mendapatkan kuota dosis vaksin rabies mencapai 600 dosis. 

Jumlah tersebut berasal dari bantuan Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian sebanyak 500 dosis vaksin rabies. Di samping itu juga terdapat tambahan jumlah dosis vaksin yang diberikan oleh Ikatan Dokter Hewan sebanyak 100 dosis vaksin.

“Sebanyak 500 dosis vaksin kita siapkan untuk dibagi di tiga wilayah yaitu Gamping sebanyak 242 dosis, Cangkringan 140 dosis dan Berbah 118 dosis. Sementara untuk vaksin yang diberikan oleh Ikatan Dokter Hewan sebanyak 100 dosis kita pakai sebagai cadangan,” jelas Suparmono dalam kegiatan vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan, dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, yang digelar pada Selasa (28/9/2021).

Pemerintah Kabupaten Sleman sendiri menyelenggarakan kegiatan vaksinasi rabies di tiga lokasi wilayah yaitu Gamping, Cangkringan dan Berbah. Kegiatan vaksinasi rabies ini diselenggarakan rutin setiap tahunnya untuk memperingati Hari Rabies Sedunia.

“Setiap tanggal 28 September 2021 (Hari Rabies Sedunia) kita rutin menyelenggarakan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Suparmono mengatakan jumlah hewan peliharaan yang telah terdaftar untuk mengikuti kegiatan vaksinasi rabies kali ini tercatat mencapai 500 hewan. Meliputi kucing sebanyak 446 ekor, anjing 51 ekor dan kera 3 ekor.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo juga berkesempatan hadir dan meninjau langsung penyelenggaraan vaksinasi rabies. Tinjauan dilakukan di Puskeswan Gamping sebagai salah satu lokasi vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan.

Dalam tinjauannya, Kustini Sri Purnomo menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan. Menurut Kustini vaksinasi rabies merupakan salah satu yang perlu diperhatikan untuk hewan peliharaan.

“Rabies ini juga merupakan virus yang  berpotensi menular ke manusia, maka dari itu saya sangat mengapresiasi adanya penyelenggaraan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan,” katanya.

Lihat juga...