Ikan Cakalang Nikmat Disantap dengan Kuah Asam

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Ikan cakalang merupakan salah satu ikan yang banyak dijual di pasar ikan tradisional maupun di TPI Alok Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Saya biasa membuat kepala ikan kuah asam sebab rasanya lebih enak,” kata Maria Wiliborda Parera, warga Kelurahan Wairotang, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (11/9/2021).

Warga Kelurahan Wairotang, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Maria Wiliborda Parera saat ditemui, Sabtu (11/9/2021). Foto: Ebed de Rosary

Maria menyebutkan, kepala ikan cakalang dan tuna banyak sekali dijual pedagang dengan harga murah dan lebih enak dimasak dengan kuah asam.

Dia menerangkan, cara memasaknya pertama-tama potong kepala ikan sesuai ukuran dan ambil telur-telur ikan yang ada di dalam perutnya, lalu bersihkan hingga benar-benar bersih.

“Siapkan air dan rebus ikan di dalam panci. Siapkan bumbu-bumbunya seperti kunyit, bawang merah, garam, penyedap rasa dan asam,” ungkapnya.

Maria menjelaskan, setelah airnya matang masukkan kepala ikan dan telur ikan, biarkan beberapa menit baru setelah itu masukkan bumbu-bumbunya seperti kunyit, asam, penyedap rasa dan garam.

Dia menambahkan, sering memasak kepala ikan kuah asam di akhir pekan maupun hari Minggu atau hari libur untuk disantap bersama keluarga.

“Kuah asam kepala ikan cakalang maupun tuna rasanya lebih enak. Apalagi dicampur dengan telur ikan rasanya lebih lezat,” ucapnya.

Seorang pedagang ikan di TPI Alok Maumere, Nur Hasanah mengatakan, banyak kepala ikan yang dijual pedagang termasuk telur ikan cakalang.

Nur sebutkan, biasanya menjual kepala ikan cakalang maupun tuna dengan harga minimal Rp20 ribu dan banyak warga yang suka membeli termasuk pemilik rumah makan.

“Kalau ikan cakalang dan tuna seberat 10 kilogram sampai 20 kilogram, kepala ikannya tidak terlalu banyak. Kalau ikan tuna berukuran besar, kepala ikannya dijual seharga Rp30 ribu hingga Rp40 ribu, bisa untuk makan puluhan orang,” ujarnya.

Lihat juga...