Indahnya Wisata Perbukitan di Kota Bandar Lampung

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Sejumlah area perbukitan di Kota Bandar Lampung disulap menjadi spot wisata. Sejumlah bukit tetap alami menjadi spot menikmati keindahan kota Bandar Lampung dari ketinggian. Spot wisata seni di Gunung Kucing, Jalan Imam Bonjol, Gang Sakai Sambayan, Kelurahan Gunungagung, Kecamatan Langkapura jadi salah satu alternatif.

Tempat rekreasi yang berlokasi di Gunung Kucing tersebut sejatinya belum di-launching. Tahap penyempurnaan tengah dilakukan oleh pengelola namun saat akhir pekan warga memanfaatkannya untuk rekreasi.

Kegiatan yang kerap dilakukan berupa jogging, menyusuri jalan semen. Dipadukan dengan jalan berundak, pagar bambu bertali serabut aren menambah estetika berpadu bunga warna warni.

Renata, salah satu warga Langkapura menyebut wisata seni Gunung Kucing merupakan spot perbukitan. Area yang berada di dekat jalan Imam Bonjol itu mudah dicapai.

Meski belum di-launching, sebagian pengunjung bisa menikmati alam perbukitan. Waktu pagi sebutnya dipilih untuk menikmati suasana sejuk udara perbukitan. Kicauan burung liar di pepohonan bisa dinikmati sembari berolahraga kala liburan.

“Pengunjung kerap datang sembari melakukan jogging karena jalan yang dibuat seperti trek untuk jalan kaki. Cocok untuk melatih kekuatan otot kaki. Selain itu keindahan alam perbukitan bisa dinikmati sembari melihat warna warni beragam bunga yang ditanam pada area menuju puncak,” terang Renata saat ditemui Cendana News, Minggu (5/9/2021).

Renata yang enggan diambil gambarnya menyebut, memilih menikmati kesunyian Gunung Kucing. Ia menyebut suasana kawasan tersebut cukup asri nyaris seperti hutan kota.

Tanaman mahoni, jati, bambu, aren dan beragam tanaman yang menghijau jadi sumber kesejukan. Setelah sepekan sibuk dengan pekerjaan, merelaksasi pikiran pada kawasan perbukitan wisata seni Gunung Kucing bisa jadi alternatif.

Belum dibuka secara resmi sebut Renata terlihat dari pembenahan sejumlah spot. Area penjagaan berupa saung bambu masih dibuat tanpa atap.

Meski demikian ia bisa menikmati wahana untuk hiking. Kegiatan hiking sebutnya membutuhkan kekuatan kaki sebab terdapat ratusan anak tangga. Ia bisa menikmati suasana wisata seni Gunung Kucing dengan swafoto.

“Keindahan bunga dan suasana perbukitan memandang Langkapura dari ketinggian bisa merelaksasi pikiran,” ulasnya.

Warga Bandar Lampung lain, Stevani, menyebut penanda wisata seni Gunung Kucing terlihat dari kejauhan.

Stevani, salah satu pengunjung menikmati beragam bunga lantana, pakis haji, celosia dan bunga warna warni yang sedang mekar pada objek wisata Gunung Kucing, Gunung Agung, Langkapura, Bandar Lampung, Minggu (5/9/2021) – Foto: Henk Widi

Saat melintas dari arah Kemiling menuju Tanjung Karang ia mengaku melihat spot bintang segi lima terbuat dari bambu oleh salah satu warga, tepat di pintu gerbang ia bisa masuk ke lokasi untuk menikmati suasana perbukitan. Kesejukan udara perbukitan sebutnya bisa jadi alternatif menikmati suasana alam.

“Fasilitas yang ada belum lengkap, namun sebagai sebuah taman di perbukitan keindahan bunga sangat menarik,” ulasnya.

Estetika seni sebut Stevani terlihat dari pagar bambu, saung dan jalan tangga. Masuk ke area gerbang bambu yang bisa menyala pada malam hari, area paving block unik menyapa.

Ia memilih menikmati berjalan menaiki ratusan anak tangga. Butuh ketahanan fisik kaki naik dan turun tangga. Sebagai alternatif wisata alam, wisata seni Gunung Kucing bisa menjadi alternatif wisata husada menjaga kebugaran tubuh.

Nengsih, salah satu penyuka wisata alam menyebut suasana indah perbukitan di kota Bandar Lampung cukup beragam. Ia memilih sejumlah spot perbukitan yang masih alami sebagian belum dijadikan objek wisata.

Menikmati suasana alam perbukitan dan pedesaan yang sunyi jadi alternatif Nengsih menikmati akhir pekan, salah satunya di Gunung Kucing, Langkapura, Bandar Lampung, Minggu (5/9/2021) – Foto: Henk Widi

Sejumlah objek wisata sebutnya dominan belum dibuka imbas Bandar Lampung masuk PPKM Level 4. Namun pilihan perbukitan bisa dikunjungi untuk pengisi liburan.

“Saya bisa mendatangi perbukitan kaki Gunung Betung yang sejuk, bisa memandang kota Bandar Lampung dari ketinggian,” ulasnya.

Nengsih menyebut spot bukit lain yang bisa dikunjungi adalah pondasian Batu Suluh, di Kecamatan Panjang. Lokasi di ketinggian sebutnya bisa dimanfaatkan untuk memandang Teluk Lampung.

Saat malam hari spot perbukitan pondasian Batu Suluh menjadi tempat menikmati temaram kota yang dipenuhi warna warni menarik.

Memilih lokasi perbukitan yang gratis tanpa membayar sebutnya bisa menjadi alternatif wisata hemat kala liburan.

Lihat juga...