Ini Kunci Kelezatan Nasi Bakar Teri Pete Kemangi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Nasi bakar menjadi salah satu menu kreasi yang banyak peminatnya. Rasa nasi yang gurih dengan aroma daun pisang, ditambah aneka isian lauk, menjadikannya cocok untuk mengisi perut yang kelaparan.

“Tidak hanya lezat, nasi bakar juga mudah dibuat. Bahan isiannya pun bisa menyesuaikan,” papar penggemar nasi bakar, Fista Noviantika di Semarang, Sabtu (18/9/2021).

Dirinya mencontohkan nasi bakar teri pete kemangi yang menjadi salah satu menu masakan andalannya.

“Isiannya bisa apa saja, tergantung selera. Bisa diisi ayam, daging, sayuran, atau lauk lainnya. Namun yang terpenting dalam nasi bakar, yakni pengolahan beras yang akan digunakan,” terangnya.

Meski namanya nasi bakar, namun dapat diolah dengan cara dipanggang menggunakan wajan teflon, sehingga lebih memudahkan, Sabtu (18/9/2021).  Foto: Arixc Ardana

Dijelaskan, meski layaknya menanak nasi pada umumnya, namun ada bahan tambahan yang digunakan agar nasi terasa lebih gurih dan harum.

“Setelah dicuci bersih, masak beras menggunakan santan, yang ditambahi garam, serai, dan daun salam. Masak hingga nasi matang. Dengan cara ini, nasi akan terasa harum, pulen, enak dan gurih dengan aroma rempah,” tegasnya.

Sembari menunggu nasi masak, bisa disiapkan lauk untuk isian, yakni teri dan kemangi.

“Iris bawang merah, bawang putih, cabai, daun jeruk, daun salam dan serai. Lalu tumis hingga layu. Setelah harum, masukkan pete, teri. Tumis terus, setelah itu masukkan daun kemangi. Jika daun kemangi sudah layu, matikan kompor,” ucapnya.

Siapkan daun pisang yang akan digunakan sebagai pembungkus nasi bakar.

“Ambil satu centong nasi, taruh di atas daun pisang dan ratakan. Setelah itu, tambahkan teri pete kemangi yang sudah dimasak. Kemudian bungkus, seperti kalau kita membuat arem-arem, tusuk bagian ujung daun pisang dengan lidi atau tusuk gigi, biar tidak lepas,” papar ibu dua anak tersebut.

Nasi bungkus daun pisang pun siap dibakar. “Jika tidak ada alat bakaran, bisa menggunakan wajan teflon. Masak hingga daun pisang sedikit gosong, sehingga aromanya bisa merasuk ke dalamnya. Jika sudah, nasi bakar teri pete kemangi pun siap dinikmati,” tambahnya.

Kelezatan nasi bakar buatannya pun diakui oleh sang anak, Lakesysha Ayu Zifara. Dituturkan setiap kali sang mama membuat nasi bakar, dirinya termasuk salah satu orang yang paling senang.

“Rasanya enak, gurih. Tidak kalah dengan di rumah makan. Apalagi kalau mama yang membuat, aku bisa meminta isian yang aku mau. Misalnya ayam, telur atau apa saja. Kepedasannya juga bisa request, berbeda kalau beli sudah jadi,” pungkasnya.

Lihat juga...