Ini Tips Maudy Koesnaedi Pelihara Tanaman Hias

Potensi Tanaman Hias

Kolektor dan pembudidaya tanaman hias, Handry Chuhairy, mengatakan bahwa Indonesia memiliki tanaman hias yang tersebar di berbagai wilayah, salah satunya di Kalimantan Barat.

Handry memaparkan, Kalimantan Barat memiliki potensi tanaman hias yang diminati pasar, misalnya scindapsus, rhaphidophora, homalomena, schismatoglottis, alocasia, colocasia, amydrium, dan epipremnum.

Ia mengatakan, perubahan tren dalam jual-beli tanaman akan terus terjadi jika tanaman hias terus dikembangkan. Namun ia berpesan agar penikmat tanaman hias tidak mengambil langsung dari hutan karena berpotensi merusak atau menghilangkan jenis tersebut.

“Saya minta tolong, di beberapa daerah di Kapuas, Kalimantan Barat, apabila menemukan spesies ataupun tanaman dari hutan jangan langsung dikirim. Kalau langsung kirim, kita bisa tidak punya bonggol. Kita akan kehilangan satu trah yang terbaik,” kata Handry.

Bupati Landak, Kalimantan Barat, Karolin Margret Natasa mengakui bahwa di wilayahnya masih banyak pelaku usaha yang langsung mengambil tanaman hias dari hutan. Mereka bahkan menggunakan truk saat berburu dan untuk mengangkut tanaman hias dari hutan.

Jika terus terjadi, kata dia, bisnis tanaman hias yang seharusnya berkelanjutan untuk menggerakkan ekonomi warga akan terancam. Untuk itu, Karolin mengatakan saat ini perlu digelar pelatihan bagi pelaku usaha tanaman hias.

“Sehingga teman-teman di lapangan juga bisa mengembangkan tanaman hias di Kalimantan Barat, terutama dalam semangat melestarikan lingkungan. Mereka tidak hanya mengambil dari hutan, tetapi bagaimana agar tanaman kita kembangkan, baru kemudian diambil keuntungannya secara ekonomi,” paparnya. (Ant)

Lihat juga...