IRT di Sleman Olah Minyak Jelantah Jadi Lilin dan Sabun

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Komunitas Relawan Kekandhangan Cokrowijayan, Kelurahan Banyuraden, Gamping, Sleman, berupaya mendorong warga untuk mampu mengolah limbah rumah tangga menjadi barang bernilai guna.

Hal itu dilakukan dengan melaksanakan kegiatan pelatihan mengolah limbah minyak jelantah menjadi produk bernilai guna seperti sabun dan lilin, bertempat di Joglo Kekandhangan, Kelurahan Banyuraden Gamping, Sleman, Kamis (23/9/2021).

Diikuti puluhan warga khususnya ibu rumah tangga (IRT), para peserta nampak antusias mengikuti pelatihan ini. Koordinator pelatihan Rini Puspitasari, mengaku sengaja menggelar kegiatan ini sebagai upaya mengurangi volume limbah yang dihasilkan setiap rumah tangga.

Koordinator pelatihan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi produk bernilai guna, Komunitas Relawan Kekandhangan Cokrowijayan, Kelurahan Banyuraden, Gamping, Sleman, Rini Puspitasari, dijumpai Cendana News, Kamis (23/9/2021) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Minyak jelantah itu kan pasti ada di setiap rumah. Jika dibuang begitu saja, tentu lama-lama akan bisa mencemari lingkungan. Karena itu kita ajak warga agar bisa mendaur ulang minyak jelantah ini. Contohnya menjadi sabun dan lilin. Selain bisa menjadi potensi usaha, minimal dengan pengolahan ini, warga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli kebutuhan sabun atau lilin,” katanya.

Lihat juga...