Jajanan Cilung, Kenyal dan Lembut Berbalut Aneka Bumbu

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Sejumlah kuliner khas Sunda akrab dengan akronim atau singkatan, seperti oncom dijero (combro), amis dijero (misro), aci digoreng (cireng) dan varian kuliner unik lain. Salah satu varian olahan kuliner yang akrab sebagai jajanan adalah cilung.

Sesuai namanya, cilung merupakan akronim dari aci digulung dengan bahan bahan utama tepung tapioka. Wandi Wijaya, pedagang jajanan tradisional cilung menyebut membuatnya untuk jajanan anak-anak.

Saat pembelajaran tatap muka (PTM), anak sekolah jadi pelanggannya. Berjualan di Jalan Panglima Polim, Kelurahan Segala Mider, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung itu menyediakan menu cilung berbagai rasa. Singkatan cilung sebutnya lebih familiar bagi pelanggan yang ingin menikmati camilan tradisional tersebut.

Proses pembuatan cilung sebut Wandi Wijaya cukup sederhana. Bahan bahan yang digunakan sebutnya tepung tapioka, tepung sagu, garam, telur ayam, merica, penyedap rasa. Sebagai varian rasa untuk cilung ia menyediakan tambahan serundeng, keju, mayonaise, cabai pedas. Jajanan tradisional itu sebutnya telah disiapkan adonan dan akan dibuat dadakan saat ada pesanan.

“Jajanan cilung berbahan tepung tapioka berasal dari ubi, tambahan tepung sagu sehingga memiliki kandungan karbohidrat, tambahan bumbu yang digunakan berupa garam, penyedap rasa dalam adonan lalu bisa diberi taburan atau topping sesuai selera konsumen,” terang Wandi Wijaya saat ditemui Cendana News, Sabtu (4/9/2021).

Wandi Wijaya, pedagang makanan tradisional cilung atau aci digulung di Jalan Panglima Polim Kelurahan Segala Mider, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung, Sabtu (4/9/2021).-Foto Henk Widi

Wandi Wijaya menyebut setelah adonan dibuat ia akan menyiapkan teflon yang telah dipanaskan. Proses memanaskan teflon dengan api ukuran sedang memakai kompor gas. Agar teflon tidak menempel ia mengoleskan sedikit mentega sekaligus penambah rasa gurih. Tuangkan adonan ke atas teflon sebanyak dua sendok, ratakan ke permukaan teflon dengan cara memiringkannya.

Setelah adonan cilung mulai matang, ia menambahkan adonan telur ayam. Biarkan adonan matang bisa diberi tambahan taburan bubuk cabai, merica bubuk agar rasa lebih lezat. Saat cilung mulai matang, gulung dengan memakai tusuk sate.  Tusuk sate terbuat dari bambu akan digunakan untuk menggulung cilung. Tahap selanjutnya cilung didinginkan dan siap disajikan dalam piring.

“Setelah disajikan dalam piring, beri tambahan mayonaise, saus tomat, keju sesuai selera atau hanya rasa pedas cabai,” ulasnya.

Proses menggulung cilung sebutnya harus dilakukan perlahan. Wandi Wijaya kerap memakai spatula agar proses menggulung cilung sempurna. Cilung original atau asli belum diberi tambahan rasa menjadi favorit bagi sejumlah konsumen. Cilung akan memiliki rasa lezat saat disajikan dalam kondisi hangat. Berbagai balutan rasa tambahan berupa bumbu saus kacang, tomat, serundeng, abon bisa ditambahkan.

Wandi Wijaya menyebut cilung dijual olehnya dengan harga Rp1.000 per tusuk. Disajikan dengan tambahan beragam bumbu dan topping membuat cilung disukai sebagai makanan kekinian. Usaha menjual kuliner cilung sebutnya disiapkan dengan adonan sebanyak satu kilogram tepung tapioka. Sehari ia bisa menjual ratusan tusuk cilung di lokasi strategis.

“Saya berharap sekolah bisa diperbolehkan tatap muka karena dominan pelanggan siswa sekolah,” ulasnya.

Stevani, salah satu penyuka cilung menyebut menyukai varian rasa pedas manis. Membeli sebanyak lima tusuk cilung ia mengaku kerap membawanya ke rumah sebagai oleh oleh. Cilung akan semakin lezat diberi tambahan bumbu favorit berupa saus kacang dan parutan keju. Jajanan yang dibuat dari tepung tapioka, tepung sagu tersebut diakuinya menjadi salah satu variasi camilan saat akhir pekan.

Cilung sebutnya akan semakin lezat disajikan dalam kondisi hangat. Cilung yang selesai dipanaskan dalam teflon sebutnya memiliki rasa gurih, pedas manis. Tekstur yang lembut, kenyal berpadu dengan bumbu menjadikan cilung sebagai jajanan pilihan. Sebagai variasi jajanan yang bisa dibuat di rumah, cilung bisa dikombinasikan berbagai rasa. Cilung sebutnya akan bertambah lezat dengan tambahan irisan bawang daun penambah aroma.

Lihat juga...