Jembatan Putus di Kawasan Pantai Air Punggur Sudah Bisa Dilalui

MUKOMUKO – Jembatan penghubung provinsi yang sempat terputus di Pantai Air Punggur, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang sebelumnya rusak pada bagian lantai dan besi jembatan, sejak Minggu dini hari sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

“Jembatan yang sempat rusak pada bagian lantai dan besi jembatan, sejak Minggu dini hari sudah bisa dilalui,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Ruri Irwandi, dalam keterangan di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya sebelumnya berkoordinasi dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah I Bengkulu untuk memperbaiki jembatan penghubung Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Barat di Pantai Air Punggur, Kabupaten Mukomuko.

Pihak BPJN mendatangkan tim begitu juga OPD Dinas PUPR Mukomuko menurunkan tim untuk bersinergi membangun jembatan penghubungan dua provinsi yang rusak tersebut.

“Kita bantu material seperti kayu untuk lantai jembatan tersebut dan material lainnya agar jembatan tersebut bisa cepat dilalui oleh kendaraan roda empat dan dua,” katanya.

Tim gabungan dari BPJN dan Dinas PUPR berkolaborasi untuk memperbaiki jembatan yang rusak seperti memasang papan untuk lantai jembatan dan memperbaiki besi jembatan yang bengkok.

Selanjutnya ia menyarankan agar jembatan penghubung provinsi di daerah ini direhabilitasi sehingga tidak terulang lagi kejadian yang sama jembatan miring.

“Kita minta status jembatan di lokasi tersebut dapat ditinjau kembali atau direhabilitasi biar bangunan jembatan di Jalan Lintas Sumatera di daerah ini bisa bertahan lebih lama,” katanya.

Jumlah kendaraan roda empat dan dua sejak Sabtu (19/9) sore sampai malam tidak bisa melalui jembatan tersebut karena mengalami rusak parah pada bagian lantai jembatan.

Kemudian bagian lantai jembatan tersebut diperbaiki oleh petugas Dinas PUPR setempat, tetapi setelah itu hanya kendaraan roda empat berukuran kecil dan sepeda motor bisa melalui jembatan tersebut. (Ant)

Lihat juga...