Jesse Lingard Dua gol dan Satu Assist, Inggris Cukur Andorra 4-0

Gelandang serang tim nasional Inggris, Jesse Lingard, merayakan gol pertamanya ke gawang Andorra dalam laga lanjutan Grup I kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (5/9/2021) waktu setempat - Foto Ant
JAKARTA – Jesse Lingard, membukukan dua gol dan satu assist, saat membantu tim nasional Inggris mencukur Andorra 4-0, dalam laga lanjutan Grup I kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Laga  berlangsung di Stadion Wembley, London, Minggu (5/9/2021) waktu setempat atau Senin (6/9/2021) dinihari WIB.

Satu assist Lingard, dikonversi menjadi gol oleh Bukayo Saka, dalam laga yang juga diwarnai keberhasilan Harry Kane, mengeksekusi tendangan penalti tersebut. Inggris melanjutkan catatan sapu bersih mereka, dan mencengkeram posisi puncak klasemen Grup I dengan raihan 15 poin penuh. Catatan laman resmi UEFA menyebut, dari hasil pergandingan tesebut, Andorra (3) tak beranjak dari urutan kelima.

Pasukan Gareth Southgate, tampil begitu dominan dengan sedikitnya 88 persen penguasaan bola di sepanjang laga. Mereka membuka keunggulan pada menit ke-18, saat umpan lambung Saka, bisa disambut diteruskan oleh Lingard ke pojok tiang jauh tim tamu.
Kendati terus menguasai jalannya laga, Inggris baru mampu menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-72, lewat eksekusi penalti Kane, selepas Mason Mount dilanggar Christian Garcia di dalam kotak terlarang. Enam menit kemudian, Lingard, mencetak gol keduanya, setelah melakukan satu sentuhan dari umpan sodoran Saka sebelum melepaskan tembakan kerah ke tiang jauh yang kembali gagal diantisipasi kiper, Josep Gomes.

Di menit ke-85, kemenangan Inggris dilengkapi menjadi 4-0, setelah Trent Alexander-Arnold, mengirimkan sepak pojok cepat yang langsung dikirimkan Lingard menjadi umpan silang matang, yang tinggal diselesaikan secara sederhana oleh Saka.

Dalam pertandingan lain, yang berlangsung bersamaan di Arena Kombetare, Tirana, tuan rumah Albania, memetik kemenangan tipis 1-0 atas Hongaria berkat gol larut Armando Broja. Kemenangan itu membuat Albania melompat naik ke posisi kedua dengan sembilan poin, sembari menunggu hasil laga San Marino vs Polandia yang dilangsungkan lebih larut.

Rangkaian pertandingan terakhir dalam jendela kualifikasi September ini, akan berlangsung pada Rabu (8/9/2021), Albania versus San Marino, Polandia versus Inggris dan Hongaria versus Andorra. (Ant)

Lihat juga...