Jual Cakue Aneka Rasa, Pedagang ini Sukses Naikkan Omzet

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANDUNG — Sejak enam bulan terakhir, Dudung Sunandar (31) mengaku omzet penjualan cakue miliknya meningkat hingga empat kali lipat, dari hanya Rp100 ribu per hari, menjadi Rp400 ribu. Keberhasilan itu tidak lepas dari inovasinya dalan menghadirkan aneka rasa dari kudapan berbahan dasar tepung terigu tersebut.

“Alhamdulillah, saya bersyukur sekali makin kesini pembeli makin banyak. Biasanya untung bersih dalam sehari paling banyak Rp50 ribu, tapi sekarang minimal Rp200 ribu sehari,” ujar Dudung kepada Cendana News, Senin (13/9/2021) di lapaknya, di desa Pinggirsari, Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dudung mengatakan, sempat berpikir untuk berhenti menjual cakue, lantaran dagangannya tersebut tak kunjung berkembang. Untungnya, ia menemukan informasi di internet mengenai cakue aneka rasa, dan dari situlah ia melakukan replikasi.

“Tadinya sudah mau saya jual ini gerobak, saya sudah tidak semangat dagang. Tapi untungnya dapat ide baru, dan ternyata sangat sukses, akhirnya semangat lagi sampai sekarang,” kata Dudung.

Ada tujuh varian rasa cakue yang disediakan Dudung, antara lain keju pedas manis, barbeque, jagung bakar, pizza, sapi panggang, saus bumbu kacang, dan original. Menurutnya, yang paling digemari pembeli adalah yang rasa saus bumbu kacang.

“Saya jual satu porsi cakue itu Rp5.000, tapi bisa juga kalau ada yang mau beli di bawah seporsi. Saya mulai buka jam 3 sore sampai jam 7 malam. Rencananya sih mau mulai jualan pagi lagi, karena anak sekolah mulai masuk,” tandasnya.

Sementara itu, Iin salah seorang pembeli cakue mengatakan, harga Rp5.000 seporsi sudah sangat pas, tidak sedikit dan tidak juga kebanyakan.

“Cakue ini ukurannya kecil, beda sama cakue yang biasanya, panjang. Jadi kalau beli seporsi dapatnya banyak. Cocok buat jamuan tamu,” ujar Iin.

Lebih lanjut, Iin merekomendasikan agar membeli cakue yang baru selesai digoreng, karena sensasi kriyusnya akan menambah kenikmatan saat dikonsumsi.

“Saya bahkan kalau beli maunya digorengin dulu, gak papa nunggu juga, habis kalau udah dingin, tidak ada kriyusnya. Saya juga merekomendasikan pilih yang rasa saus bumbu kacang, gurih dan pedasnya pas,” pungkas Iin.

Lihat juga...