Jual Surabi Aneka Rasa, Raup Untung Ratusan Ribu per Hari

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Bisa menjual sedikitnya 200 porsi surabi dalam sehari tentu merupakan pencapaian yang fantastis. Hal itulah yang berhasil dilakukan Dede, pemilik Warung Surabi Andir, yang berlokasi di Jalan Raya Pacet, Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Berkat tangan dinginnya, Dede sukses menyulap kuliner tradisional Jawa Barat tersebut, menjadi sajian kekinian dengan beragam varian rasa yang disukai semua kalangan.

“Alhamdulillah surabi ini selalu ramai. Paling sedikit 200 porsi sehari yang laku,” ujar Dede kepada Cendana News, Selasa (7/9/2021) di lapak miliknya.

Dede mengaku, bisa meraup keuntungan bersih rata-rata Rp700 ribu per hari dari hasil menjual surabi yang telah ia jalankan sejak tahun 2015 itu.

“Sebetulnya saya belajar dari teman mengolah surabi aneka rasa ini. Karena saya rasa enak dan unik, jadi waktu itu mulai coba-coba juga dan hasilnya lumayan, penikmatnya ternyata banyak, sampai sekarang,” tandas Dede.

Hebatnya lagi, Dede berhasil menjual 200 porsi surabi hanya dalam waktu 5 jam, mulai buka pukul 15.00 dan tutup pada pukul 20.00 WIB.

“Dulu karyawan saya cuma 1 orang, sekarang saya sudah punya 3 orang karyawan yang membantu. Saya bersyukur, berkat surabi bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain,” tutur Dede.

Sementara itu, Reni Anggraeni, warga desa Pakutandang, Ciparay, Kabupaten Bandung mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, Warung Surabi Andir sangat fenomenal, lantaran hampir selalu ramai pembeli.

“Kadang kalau mau beli itu kita harus sabar antre sampai setengah jam. Karena pembelinya banyak, tapi tungkunya cuma enam. Seharusnya tungkunya diperbanyak, jadi bisa semakin cepat bikinnya,” kata Reni.

Di samping itu, menurut Reni harga surabi di warung tersebut memang relatif mahal, namun ia menyebut, harga tersebut sesuai dengan cita rasa surabi yang disajikan.

“Saya paling suka surabi pedas ayam balado. Memang harganya seporsi itu Rp10.000, tapi sesuailah dengan rasanya. Gurihnya dapat, tekstur surabinya lembut, bikin ketagihan,” pungkas Reni.

Lihat juga...