Kadin Bekasi Fasilitasi SP-PIRT Bagi UMKM

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Bekasi, Jawa Barat,  memfasilitasi sertifikasi produk pangan industri rumah tangga (SP-PIRT), dalam rangka meningkatkan daya saing bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“PIRT memiliki peranan penting bagi pelaku UMKM sebagai legalitas standar produk yang bersih, sehat, aman dari polusi serta labelisasi sesuai aturan yang berlaku,”ucap Gunawan, usai mengisi pelatihan bagi pelaku UMKM, Selasa (14/9/2021).

Dikatakan, adanya PIRT bagi produk UMKM sebagai modal awal untuk bersaing dengan berbagai produk, baik di level nasional, bahkan internasional. Sehingga berdampak pada income. Untuk itu, Kadin memberi pelatihan dengan menggandeng Pemerintah Kota Bekasi sebagai pemateri.

Menurutnya, Kadin saat ini terus berinovasi untuk membangkitkan kembali ekonomi bagi kalangan UMKM. Bahkan, saat ini telah menyiapkan tujuh pelaku UMKM untuk mengikuti bazasr di Rumania.

M Gunawan, Ketua Kadin Kota Bekasi, ditemui di sela pelaksanaan pembukaan pelatihan SP PIRT pelaku UMKM, Selasa (14/9/2021). –Foto: M Amin

“Ketujuh pelaku UMKM yang akan diikutkan dalam bazaar di Rumania tersebut, tentunya harus sudah mempunyai SP-PIRT dan Sertifikasi Halal,” papar Gunawan.

Ia pun memastikan, secara bertahap seluruh pelaku UMKM di wilayah Kota Bekasi, mempunyai izin dan sertifikasi yang lengkap. Hal tersebut sebagai jaminan agar UMKM di Kota Bekasi bisa naik kelas.

Giat penyuluhan keamanan pangan bagi produk UMKM di Kota Bekasi, dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto.

Ia mengatakan, bahwa selama ini pemerintah masih memiliki keterbatasan sejumlah 50 sertifikasi dalam pelaksanaan SP-PIRT.

“Bersama Kadin Kota Bekasi bisa lebih dipercepat mencapai 500 sertifikasi yang dilaksanakan. Kami sangat mendukung berbagai upaya Kadin untuk menciptakan pelaku UMKM naik kelas, bahkan minggu depan ada 7 pelaku UMKM yang akan pergi ke Rumania segera terlaksana,” pungkasnya.

Aji Ali Sabana, Wakil Ketua KADIN Kota Bekasi, pada kesempatan yang sama menyampaikan penyuluhan keamanan pangan diadakan dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi, DPMPTSP, Bank BRI, Pegadaian, BTN.

Materi yang disampaikan terdiri dari pemahaman tentang pentingnya kepemilikan izin pangan industri rumah tangga atau PIRT, pelatihan aplikasi OSS dan SILAT.

Lihat juga...