Karena Pandemi, Jepang Resmi Mengundurkan Diri dari Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub 2021

Presiden FIFA, Gianni Infantino, memegang trofi Piala Dunia Antarklub - foto Ant
JAKARTA – Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) memutuskan, mundur sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021, karena situasi COVID-19 di negara itu. Hal itu telah dikonfirmasi secara resmi oleh badan sepak bola dunia (FIFA), Kamis (9/9/2021).

Turnamen tahunan tersebut, mempertemukan juara dari enam konfederasi global. Kejuaraanya akan digelar pada Desember mendatang. “FIFA mengonfirmasi, bahwa telah diinformasikan hari ini oleh JFA bahwa, karena pandemi COVID-19 dan situasi tuan rumah di negara tersebut, mereka tidak lagi dalam posisi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub FIFA 2021,” demikian pernyataan FIFA, Kamis (9/9/2021).

 
Keputusan tersebut diambil, setelah pemerintah Jepang pada Kamis (9/9/2021), secara resmi memutuskan untuk memperpanjang keadaan darurat COVID-19, di banyak bagian negara itu. Hal itu untuk menekan gelombang infeksi baru. “FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada JFA atas kerja dan komitmen mereka serta berharap untuk kembali ke Jepang di masa depan. Rincian lebih lanjut tentang tuan rumah alternatif untuk Piala Dunia Antarklub FIFA 2021 akan diumumkan oleh FIFA pada waktunya,” bunyi pernyataan FIFA lebih lanjut.
 
FIFA, tahun lalu memilih Jepang sebagai tuan rumah untuk kompetisi tersebut, yang awalnya diikuti oleh tujuh klub. Jumlah partisipasi Piala Dunia Antarklub kemudian ditambah menjadi 24 tim, yang semula dijadwalkan untuk China pada Juni 2021 sebelum ditunda karena pandemi. Terakhir kali Jepang menjadi tuan rumah turnamen tersebut adalah tahun 2016. (Ant)
Lihat juga...