Kasus Covid-19 di Negara Bagian Victoria, Menurun

SYDNEY – Negara bagian Victoria Australia mencatat, pada Rabu 221 kasus baru yang didapat secara lokal, turun dari rekor tertinggi tahun ini, yaitu 246 kasus dari sehari sebelumnya.

Pihak berwenang mencoba meningkatkan vaksinasi untuk mulai mengurangi beberapa pembatasan ketat. Sekitar 62 persen orang di atas 16 tahun di negara bagian tersebut telah memiliki setidaknya satu dosis, sedikit lebih rendah dari rata-rata nasional. Para pejabat menjanjikan lebih banyak kebebasan setelah mencapai 70 persen, diharapkan akhir bulan ini.

Australia telah mengunci Sydney dan Melbourne, kota-kota terbesarnya, setelah wabah dari varian Delta yang lebih menular pada Juni mengakhiri bulan-bulan dengan sedikit atau tanpa transmisi komunitas.

Negara ini sekarang bertujuan untuk hidup dengan virus setelah mencapai cakupan vaksin yang luas sekitar 70 persen dari populasi orang dewasanya, yang berjumlah 20,6 juta, tujuan yang diharapkan akan tercapai pada awal November berdasarkan level vaksinasi saat ini.

Australia sebagian besar telah menghindari jumlah kasus virus corona yang tinggi, yang terlihat di banyak negara maju lainnya melalui penguncian dan pembatasan perbatasan yang ketat, dengan hanya 64.600 kasus dan 1.052 kematian yang dilaporkan selama pandemi.

Saat bersiap untuk keluar dari penguncian di dua kota terbesarnya, pemerintah sedang mempertimbangkan penggunaan sertifikat vaksinasi untuk perjalanan internasional mulai Oktober, kata Sydney Morning Herald, dalam sebuah laporan tanpa mengutip sumber.

Warga Australia dilarang meninggalkan negara itu, kecuali mereka memiliki pengecualian, sementara pelancong yang kembali harus menjalani karantina hotel selama dua minggu dengan biaya sendiri.

Kantor perdana menteri tidak segera menanggapi permintaan komentar atas laporan tersebut.

New South Wales, pusat wabah terburuk di negara itu, telah melihat infeksi baru sedikit mereda selama tiga hari terakhir tetapi para pejabat memperkirakan itu akan mencapai puncaknya minggu depan.

Pemodelan pandemi terbaru oleh Burnet Institute, menunjukkan tanpa penguncian atau vaksinasi cepat akan ada sekitar 590.000 lebih banyak kasus dan 5.800 kematian di 12 wilayah pinggiran barat Sydney, yang terpukul keras selama enam bulan hingga Desember.

Sejauh ini, 139 kematian dan hampir 30.500 kasus telah dilaporkan sejak kasus pertama terdeteksi pada 16 Juni di negara bagian tersebut.

Tingkat vaksinasi yang tinggi di antara yang paling rentan, berarti tingkat kematian adalah 0,41 persen dalam wabah Delta, data menunjukkan, di bawah wabah sebelumnya. (Ant)

Lihat juga...