Kasus Covid-19 Terus Menurun, Ruang Isoter Situbondo Mulai Disterilisasi

Editor: Koko Triarko

SITUBONDO – Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 kabupaten Situbondo, mulai melakukan sterilisasi ruang isolai terpusat, seiring terus menurunnya jumlah kasus positif Covid-19 di wilayah itu.

Dokter Sieny Veronica, S.Ked., petugas kesehatan di Isolasi Terpusat (Isoter) Situbondo, mengatakan penurunan kasus positif di Situbondo terus berlanjut dan pasien di isoter sebagian besar sudah bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

“Saat ini hanya tinggal dua orang pasien isoter yang sebelumnya positif Covid-19,” ujar dr. Sieny Veronica, di Situbondo, Jumat (17/9/2021).

Harif Zainal, pasien isoter di Situbondo yang sudah dibolehkan pulang, Jumat (17/9/2021) –Foto: Iwan Feriyanto

Sieny mengatakan, kedua pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19, setelah dilakukan tes swab PCR. Sebab, orang tersebut merupakan warga imigran yang kembali pulang ke rumahnya.

“Semua warga Situbondo yang dari luar negeri itu wajib melakukan isolasi. Namun, tentu juga perlu dilakukan tes swab untuk memastikan orang tersebut bebas dari Covid-19,” ucapnya.

Sieny mengatakan,  bagi mereka yang dinyatakan positif setelah dilakukan tes swab, mereka perlu melakukan isolasi hingga tes swab hasilnya nonreaktif.

“Kalau positif setelah diswab, wajib menjalani isolasi, hingga hasil swab yang dilakukan tidak ada gejala reaktif. Namun, hal tersebut bisa dilakukan setelah pasien melakukan isolasi selama 14 hari,” ungkapnya.

Lihat juga...