Kelezatan Kue Klepon Merah Putih

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

SEMARANG — Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah, kue klepon sudah dikenal masyarakat, termasuk di Kota Semarang.

Chef Lisa Sandradewi saat menunjukkan hasil kreasi kue klepon merah putih, di Semarang, Sabtu (25/9/2021). Foto dok pribadi

Rasa manis dari gula jawa, yang dipadukan dengan rasa gurih asin dari parutan kelapa, yang membalurinya, menjadi kombinasi rasa yang pas.

Selain enak, kue klepon juga mudah dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapatkan, termasuk di pasar tradisional.

“Klepon termasuk salah satu kue tradisional, yang digemari masyarakat. Rasanya yang enak dengan tekstur lembut, menjadi alasan, kenapa kue ini disukai,” papar Chef Lisa Sandradewi, saat dihubungi di Semarang, Sabtu (25/9/2021).

Dipaparkan, untuk membuat kue klepon juga relatif mudah, dengan bahan-bahan yang gampang didapat.

“Umumnya kue klepon ini warnanya hijau, namun kali ini, saya membuat kue klepon merah putih. Tujuannya agar lebih menarik,” terangnya.

Bahan yang dibutuhkan berupa 200 gram tepung ketan, 50 gram tepung beras, 1/2 sendok teh garam, gula jawa, vanilla, pewarna makanan merah dan air secukupnya. Selain itu, juga diperlukan kelapa parut panjang, yang sudah dikukus kurang lebih 10 menit.

“Cara membuatnya pun mudah, campur tepung ketan, tepung beras, garam dan vanilla menjadi satu adonan. Lalu tambahkan air hangat sedikit demi sedikit hingga adonan kalis atau tidak menempel di tangan,” terangnya.

Lalu ambil adonan secukupnya, dan buat menjadi bulat menggunakan telapak tangan. Jangan lupa isi bulatan adonan tersebut, dengan gula jawa. Lakukan hal serupa pada adonan, yang sudah diberi pewarna makanan merah.

“Setelah bulatan adonan jadi, segera rebus dalam air mendidih. Tunggu hingga mengapung, yang artinya adonan tersebut sudah matang, lalu ambil dan tiriskan sebentar,” lanjutnya.

Langkah selanjutnya, gulirkan klepon yang sudah ditiriskan ke dalam parutan kelapa, hingga terbalur rata. Dalam parutan kelapa tersebut, bisa ditambahkan gula atau garam halus, sehingga semakin menambah cita rasa.

“Klepon pun siap disajikan. Rasanya enak dan manis,” terangnya.

Sementara, salah seorang penggemar kue klepon, Viona Alamanda, mengaku rasa kue klepon yang khas, menjadi daya tarik kelezatan kue tersebut.

“Dulu saya kalau beli kue klepon, di pasar tradisional, dibungkus pakai daun pisang, lalu ditaburi parutan kelapa. Dimakan ramai-ramai dengan saudara atau teman, rasanya enak, manis, kenyal gurih, jadi semakin menambah kelezatannya,” terangnya.

Kini kue klepon juga mudah ditemukan di toko kue modern, rasanya pun tidak tidak banyak berubah. “Rasa manis dari gula jawa, itu yang paling mendasar dari kue klepon ini. Kalau belum pernah makan kue klepon, harus mencobanya sendiri,” pungkasnya.

Lihat juga...