Kemenkop UKM Rencanakan UMKM Jadi Bagian Rantai Pasok Industri

JAKARTA — Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) tengah membuat master plan agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia menjadi bagian dari rantai pasok industri pembuat komponen seperti di Korea Selatan, Taiwan, Jepang, dan Malaysia.

“Kita harus mengejar ini. Tidak boleh kalah dengan negara lain karena Indonesia mampu,” ujar Menkop UKM Teten Masduki sebagaimana tertera dalam keterangan pers, Jakarta, Minggu (19/9/2021).

Dalam kunjungan ke pabrik CV Nuri Teknik (Nuritek) di Cianjur, Jawa Barat, Menkop menyatakan Indonesia mampu menciptakan UMKM berteknologi tinggi dan berstandar internasional.

Dia menilai adanya Nuritek dapat dijadikan contoh oleh pelaku UMKM yang bisa mengandalkan desain dan teknologi yang mampu berinovasi serta kreatif.

Lebih lanjut, dinyatakan bahwa Nuritek merupakan usaha yang fokus pada pembuatan berbagai alat-alat kesehatan (alkes), baik untuk keperluan kedokteran, rumah sakit, maupun manufaktur umum.

“Sebagai produsen dalam negeri, Nuritek sukses menjadi supplier alat-alat kedokteran dan rumah sakit yang telah tersebar hampir ke seluruh provinsi di Indonesia,” ucap Menkop.

Lihat juga...