Kominfo Siapkan Pusat Informasi PON XX Papua Untuk Jurnalis

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat konferensi pers tentang kesiapan layanan telekomunikasi menjelang PON XX di Kabupaten Jayapura, Papua. -Ant

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan jaringan telekomunikasi dan fasilitas pusat informasi, media center, untuk jurnalis yang meliput Pekan Olahraga Nasional XX di Papua.

“Media Center di tiga klaster ini kami selenggarakan untuk memfasilitasi kawan-kawan media, supaya lebih mudah dalam melakukan peliputan berupa pengambilan foto, video dan membuat narasi untuk memberitakan penyelenggaraan PON XX Papua,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, saat kunjungan kerja ke Jayapura, Papua, dikutip dari siaran pers, Kamis (24/9/2021).

Pusat informasi ini berada di Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke, berada di bawah Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo.

Fasilitas pusat informasi ini akan mendukung produksi konten-konten positif tentang PON XX Papua pada Oktober nanti. Kominfo menyediakan 100 kabel jaringan LAN di pusat informasi tersebut.

Johnny menyatakan, layanan telekomunikasi yang dimanfaatkan untuk mendukung PON XX 2021 merupakan bagian pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, bagian dari tugas kementerian yang dipimpinnya dalam akselerasi transformasi digital.

Pembangunan infrastruktur TIK di wilayah Papua dan Papua Barat dilakukan secara masif. Karena itu, pemanfaatan hasil pembangunan itu bisa dimanfaatkan untuk mendukung penyelenggaraan PON XX 2021.

“Secara khusus, pembangunan the last mile atau pembangunan Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar di seluruh pelosok Papua. Baik di wilayah-wilayah perairan maupun di wilayah tengah pegunungan,” kata Johnny.

Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi sudah membangun 213 menara BTS 4G di Papua dan 244 menara BTS 4G di Papua Barat, pada periode 2015-2020.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di provinsi Papua dan Papua Barat berlangsung hingga tahun ini. Pembangunan infrastruktur TIK di seluruh wilayah di Indonesia ditargetkan selesai pada 2022. (Ant)

Lihat juga...