Kondisi Gedung SDN 04 Sumberjaya Tambun Selatan, Memprihatinkan

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Kerap banjir direndam banjir membuat kondisi Sekolah Dasar Negeri 04, Desa Sumberjaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memprihatinkan. Meski ruang kelas saat ini terlihat lapuk pada plafon, ditambah tembok dan tiang miring, sekolah ini tetap digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

“Kondisi SDN 04 Desa Sumber Jaya ini memprihatinkan. Terlihat banyak terjadi kelapukan pada bangunan, tak hanya plafon bahkan dinding dan tiang sekolah terlihat miring akibat pergeseran tanah. Tentu itu membahayakan bagi peserta didik,” kata Mohammad Nuh, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, saat meninjau dua sekolah SD Negeri 04  dan 01 di Desa Sumberjaya, Tambun Selatan, Kepada Cendana News, Kamis (30/9/2021).

Menurutnya, kondisi tersebut harus mendapat prioritas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman agar peserta didik tahap awal tersebut bisa merasakan pengalaman belajar menyenangkan. Untuk SD 04 Sumberjaya Tambun Selatan, lanjutnya, para dewan guru ingin bangunan sekolah ditingkat.

Dari hasil laporan guru, diketahui jika sekolah SD 04 Sumberjaya, Tambun Selatan, selama ini menjadi lokasi langganan banjir. Bahkan setiap banjir datang, pihak sekolah akan meliburkan peserta didiknya bisa sampai seminggu lamanya. Karena pihak sekolah harus lebih dulu mempersiapkan ruang kelas seperti membersihkan lumpur dan lainnya, setelah banjir surut.

Usulan bangunan sekolah ditingkat cukup bagus, sehingga ketika banjir proses belajar mengajar di SDN 04 Sumberjaya bisa tetap dilaksanakan di atas. Usulan itu akan disampaikan ke Dinas Pendidikan, karena menarik dan harus diakomodir agar proses belajar-mengajar terus berjalan.

Politisi PKS tersebut, akan memperjuangkan beberapa bangunan sekolah di wilayah Tambun Selatan, agar lebih layak dan nyaman. Termasuk daerah lainnya di wilayah Kabupaten Bekasi, melalui fraksi di DPRD Kabupaten Bekasi.

“Secara umum, di Indoensia sudah mengeluarkan UU tentang alokasi untuk pendidikan 20 persen, mestinya SD sebagai pendidikan dasar atau awal harusnya sudah menjadi urusan wajib di Pemkab Bekasi, harus menjadi prioritas pembangunan sarana dan prasarananya,” ungkap Ustadz  M. Nuh.

Dikatakan, wilayah Tambun atau  Kabupaten Bekasi secara umum sebagai wilayah panas. Sehingga, ruangnya pun harus luas sesuai aturan, terutama terkait plafon harus tinggi, sehingga panasnya ruangan bisa diusir dengan kipas angin.

Guru sekaligus Tim Manajemen SD 04 Sumberjaya, Tambun Selatan, Ajat, mengakui kondisi sekolah memang memprihatinkan akibat diterjang banjir beberapa kali selama dua tahun terakhir ini. Hal tersebut mengakibatkan terjadi pergeseran tanah membuat tiang dan dinding bangunan bergeser.

“Pergeseran tanah akibat banjir itu membuat tembok dan tiang miring, hal itu membuat jarak plafon jadi renggang dan lapuk. Kecondongan tembok tersebut jika tak segera diperbaiki, akan membahayakan peserta didik dan guru,” jelasnya.

SD 04 Desa Sumberjaya, Tambun Selatan memiliki 10 ruang belajar dengan jumlah peserta didik mencapai 810 siswa. Keinginan untuk diperbaiki sudah diajukan sejak tahun lalu, tapi sampai sekarang belum ada informasi terkait perbaikan.

“Kami pernah mendapat informasi, bahwa usulan agar sekolah diperbaiki katanya akan dilaksanakan 2021 ini. Tapi setelah kami pastikan, ternyata tahun ini tidak ada, kondisi sekarang sangat membahayakan harus diperbaiki segera,” harap Ajat.

Lihat juga...