Kota Malang Segera Uji Coba Satu Destinasi Wisata Dibuka

MALANG — Wilayah Kota Malang, Jawa Timur, menjadi salah satu kawasan yang diperbolehkan untuk melakukan uji coba operasional pembukaan destinasi wisata pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarkat (PPKM) level 3.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, dan Pariwisata Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, mengatakan ada satu destinasi wisata yang akan melakukan uji coba operasional tersebut, yakni wisata Hawai Group.

“Ada arahan untuk Kota Malang menjadi percontohan pembukaan destinasi wisata, yaitu Hawai Group,” kata Ida di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (9/9/2021).

Ida menjelaskan, seharusnya memang tempat wisata pada masa PPKM level 3 masih belum diperbolehkan untuk beroperasi. Namun, pemerintah pusat telah memberikan arahan untuk pelaksanaan uji coba operasional destinasi wisata di Kota Malang.

Uji coba operasional destinasi wisata tersebut, lanjutnya, akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, para wisatawan yang akan melakukan wisata di Hawai Group harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

“Tentunya itu dengan menerapkan protokol kesehatan, dan kemudian ada aplikasi PeduliLindungi,” katanya.

Ia menambahkan, untuk destinasi wisata lain di wilayah Kota Malang seperti kampung-kampung tematik, masih belum dilakukan uji coba operasional. Uji coba operasional tersebut, merupakan usulan penuh dari pemerintah pusat.

“Kita menunggu uji coba ini dulu. Kalau lancar, kemudian direkomendasikan boleh dibuka dengan sejumlah ketentuan, termasuk sudah divaksin,” ujarnya.

Dengan rencana uji coba operasional Hawai Group yang ada di Kota Malang, maka di wilayah Malang Raya ada tiga destinasi wisata yang akan dibuka. Dua destinasi wisata yang ada di Kota Batu yakni Jatim Park 2 dan Taman Rekreasi Selecta, juga akan melakukan uji coba tersebut.

Destinasi wisata yang akan melakukan uji coba operasional tersebut, berada di wilayah Kota Malang, dan Kota Batu. Sementara destinasi wisata yang ada di Kabupaten Malang, masih belum mendapatkan arahan untuk dilakukan uji coba operasional dari pemerintah pusat.

Uji coba operasional tiga destinasi wisata di wilayah Malang Raya tersebut, merupakan program pemeritah pusat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Kesehatan. Rencananya, ada 20 destinasi wisata di Jawa-Bali yang akan diuji coba.

Tercatat, di wilayah Malang Raya, secara keseluruhan ada sebanyak 32.061 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 29.252 orang dilaporkan telah sembuh, 2.256 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan. (Ant)

Lihat juga...