Kota Tangerang Lampaui Target Nasional dalam Capaian Vaksinasi Lansia

TANGERANG — Capaian vaksinasi bagi masyarakat yang tergolong dalam lanjut usia (lansia) di Kota Tangerang hingga tanggal 24 September 2021 mencapai 74 persen atau 77.578 orang untuk dosis pertama dan sudah melebihi target dari Kementerian Kesehatan yakni 60 persen.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni di Tangerang, Jumat, dalam keterangannya mengatakan capaian vaksinasi bagi lansia di Kota Tangerang sudah mencapai 60 persen sejak tanggal 17 Agustus 2021 lalu dan bertambah menjadi 70 persen pada tanggal 14 September 2021.

Sementara untuk capaian vaksinasi untuk dosis kedua bagi lansia per tanggal 24 September 2021, tercatat 57.4 persen atau 60.209 orang dari target 104.881 orang lansia.

“Capaian ini terus dikejar melalui program Bulan Vaksinasi Tangerang, yang mendekatkan sasaran dengan sentra vaksinasi massal di tingkat RW. Sehingga, para lansia dan pendamping tidak perlu jauh-jauh, repot-repot untuk menjangkau lokasi sentra vaksinasi massal,” katanya.

Dinkes juga menggelar vaksinasi dari rumah ke rumah sejak Maret lalu. Pasalnya, kata dr Dini Pemkot Tangerang cukup peduli terhadap capaian vaksinasi lansia, sehingga berbagai cara dan kemudahan untuk lansia dilakukan.

“Karena memang, kelompok ini adalah prioritas tingkat nasional begitu juga Pemkot Tangerang. Lansia rentan dan berisiko tinggi terinfeksi virus corona. Potensi kematian pada lansia saat terpapar COVID-19 juga cukup tinggi. Maka harapannya, dengan cakupan vaksinasi COVID-19 lansia yang terpenuhi, dapat mengurangi potensi gejala parah,” ujarnya.

Suksesnya vaksinasi bagi lansia berawal dari dukungan anggota keluarga atau pendamping terdekat. Sebab keutamaan vaksin dalam mencegah terjadinya penularan dan resiko tinggi saat terkena sangat penting.

“Dengan itu, dalam pelaksanaannya jajaran Puskesmas lebih melakukan pendekatan ke keluarga atau pendampingnya. Sehingga, para lansia lebih terbuka, yakin dan akhirnya mau mengikuti vaksinasi,” jelasnya.

Dini juga menuturkan, walau capaian vaksinasi lansia di Kota Tangerang sudah melebihi target yang ditetapkan Kemenkes, Pemkot Tangerang akan terus mencari atau menjaring ditingkat RT – RW sehingga, capaian vaksinasi lansia bisa tercatat hingga 100 persen. [Ant]

Lihat juga...