Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Siapkan Laporan Keuangan Berbasis Online

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Koperasi Gemah Ripah yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Trirenggo, Bantul, akan mulai menerapkan teknologi digital dalam menjalankan unit usaha simpan pinjam Modal Kita, khususnya dalam waktu dekat ini.

Teknologi berupa sistem laporan keuangan digital berbasis online ini diharapkan akan lebih mempermudah kerja pengelola koperasi yang pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas layanan bagi seluruh nasabah maupun anggota sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

Manajer Unit Modal Kita, Koperasi Gemah Ripah Trirenggo, Arifian Dwi Cahyanto, mengatakan, penggunaan sistem laporan keuangan online ini dijalankan sesuai arahan pihak Yayasan Damandiri yang menginginkan seluruh laporan keuangan koperasi di setiap Desa Cerdas Mandiri Lestari yang ada di berbagai daerah, dapat terhubung dalam satu sistem.

“Penggunaan sistem baru ini rencananya akan diterapkan secepatnya sehingga akan mengubah sistem laporan keuangan koperasi yang semula masih offline menjadi online,” ungkapnya, Rabu (29/9/2021).

Selain membuat proses laporan keuangan menjadi lebih efektif dan efisien, menurut Fian, penerapan sistem berbasis online ini juga akan membuat kerja kelompok unit Modal Kita yang tersebar di sejumlah dusun akan menjadi lebih mudah. Pasalnya mereka tak perlu lagi membuat laporan keuangan secara manual.

“Selama ini kan laporan keuangan terkait arus kas masuk dan keluar dilakukan secara manual. Ini nantinya akan berubah jadi secara online. Jadi akan lebih akurat, efisien, dan efektif,” katanya.

Untuk sementara, penerapan sistem laporan keuangan secara online ini akan dilakukan bagi sejumlah pengurus unit usaha Modal Kita, baik itu di tingkat koperasi desa maupun kelompok unit Tabur Puja di sejumlah dusun. Namun ke depan diharapkan penerapan sistem berbasis digital ini akan bisa sampai ke nasabah/anggota.

“Untuk sementara hanya laporan keuangannya saja yang diubah ke sistem online. Untuk proses pencarian pinjaman tetap secara manual. Namun ke depan memang arahnya ke situ sehingga semua proses bisa dilakukan secara online seperti halnya di bank,” bebernya.

Sebagaimana diketahui, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Trirenggo sebagai desa binaan sejak tahun 2017 lalu. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML), Yayasan Damandiri aktif melakukan berbagai upaya pemberdayaan di berbagai bidang.

Salah satunya adalah pemberdayaan di bidang ekonomi yang dilakukan dengan membentuk koperasi Gemah Ripah serta unit usaha simpan pinjam Modal Kita.

Melalui unit usaha Modal Kita inilah Yayasan Damandiri berupaya membantu menggerakkan ekonomi desa dengan memberikan akses modal usaha kepada warga yang membutuhkan. Yakni dengan menyediakan akses modal usaha yang bunganya ringan, prosesnya mudah dan cepat, serta berlandaskan asas kekeluargaan.

Lihat juga...