Lepas Kontingen PON Jabar, Gubernur Minta Bawa Nama Baik Daerah

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANDUNG — Kontingen Jabar untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 Papua, dikukuhkan dan dilepas langsung oleh Gubernur Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (9/9/2021).

Ajang PON di Papua Jabar akan mengikuti 37 cabang olahraga dengan jumlah kontingen 1.239 orang, terdiri dari 770 orang atlet dan 394 orang manager dan offisial cabang olahraga dan 75 orang kontingen pendukung.

Ridwan Kamil meminta para atlet dan jajaran pelatih untuk membawa nama baik Jabar dari berbagai aspek, dengan tetap memancarkan sifat asli orang Jabar yang someah hade ka semah. Salah satu yang menjadi misi utama (selain juara umum), yakni membawa pesan persahabatan antara Jabar dan Papua.

“Kami punya misi pelaksanaan PON ke Papua ini juga adalah misi kebudayaan. Jadi kami akan membawa pesan-pesan ‘’Jabar Sahabat Papua’’. Akan ada tim kesenian juga ada tim kebudayaan yang akan menyertai perjalanan atlet kita selama di sana,” imbuh kang Emil sapaan akrabnya.

“Dengan pergi penuh semangat dan prestasi, pulang membawa kemenangan dan kebahagiaan,” tambahnya.

Selepas mengukuhkan, Kang Emil mencoba memainkan alat musik tradisional yang akan dibawa oleh para atlet untuk dibunyikan, mendukung satu kontingen ketika sedang bertanding.

Menurut Kang Emil, kontingen Jabar menargetkan membawa pulang 164 medali pada ajang olahraga terbesar di Indonesia edisi pandemi ini. Dengan harapan bisa mempertahankan gelar juara umum pada tahun 2016 lalu.

“Target kami Juara satu Juara umum untuk kami pertahankan seperti tahun 2016. Mudah-mudahan hasil hitungan kami tidak meleset 164 medali emas bisa Jabar dapatkan. Sehingga semangat Jabar Juara lahir Batin tentu kita bisa pertahankan,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga berpesan kepada Ketua KONI Jabar dan jajaran agar menjaga dengan baik kondusivitas keamanan juga keperluan logistik bagi para atlet.

“Kami juga sudah menyampaikan kepada ketua KONI dan jajaran agar kondusivitas keamanan dan logistik untuk atlet Jabar itu betul-betul dihitung, diskenariokan sebaik-baiknya,” harap kang Emil.

Kabar gembira datang dari atlet-atlet asal Jabar yang berhasil meraih medali emas dan perak dalam ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

Dua atlet Jabar yakni Hary Susanto Kabupaten Majalengka meraih emas dari nomor ganda campuran bersama pasangannya Leani Ratri Oktila yang pada partai final berhasil mengalahkan ganda campuran Prancis.

Sementara Dheva Anrimusthi meraih medali perak dari nomor tunggal putra, merupakan atlet asal dari Kabupaten Kuningan.

“Kami bangga beberapa atlet di paralimpiade meraih medali emas dan perak, nanti akan diacarakan juga akan kita berikan penghargaan sesuai prosedur dan aturan secepatnya untuk mengapresiasi dua atlet yang kami kirim ke Paralimpiade Tokyo 2020,” sebutnya.

Dalam acara pelepasan kontingen PON, Gubernur juga meluncurkan program Senam Rekreasi Masyarakat yang diinisiasi oleh ketua Kormi.

Lihat juga...