Liga 1 Indonesia, Borneo FC Kalahkan Persebaya 3-1

Pelatih Kepala Borneo FC, Mario Gomez - foto Ant
SURABAYA – Tim Borneo FC, sukses mengalahkan Persebaya Surabaya, 3-1 pada laga perdana kedua tim di Liga 1 musim kompetisi 2021/2022. Pertandingan digelar di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (4/9/2021) malam.

Gol-gol tim Pesut Etam, julukan Borneo FC, dilesakkan masing-masing oleh M Sihran pada menit kedelapan, Tarens Puhiri pada menit ke-48 dan Guy Junior di menit ke-61. Sedangkan gol Persebaya Surabaya, dicetak Ricky Kambuaya pada menit ke-75.

Gol pertama Borneo FC, dicetak saat pertandingan masih berjalan pada menit ke-8 oleh M Sihran, setelah memanfaatkan kemelut di mulut gawang Persebaya, yang dikawal Ernando Ari. Setelah gol pertama, Persebaya, yang bermain tanpa empat pemain asing akibat terkendala administrasi terkait vaksinasi, mencoba bangkit dan menyamakan kedudukan.

Namun, Borneo FC juga tak mengendorkan serangannya. Bahkan, mampu menguasai lapangan tengah dan menciptakan beberapa peluang. Pada menit ke-30, Bajol Ijo memiliki peluang mencetak gol balasan melalui tendangan bebas, usai Supriadi dijatuhkan pemain belakang lawan tepat di depan kotak penalti.

Namun, sepakan kaki kiri Hambali Tolib, masih tidak tepat sasaran sehingga belum bisa mengubah keadaan pertandingan. Pada menit ke-34, striker Borneo FC, Fransisco Torres, terpaksa meninggalkan lapangan karena bermasalah pada kakinya. Pelatih Mario Gomez, memasukkan penyerang senior, Guy Junior untuk menggantinya.

Peluang emas Persebaya terjadi pada menit injury time babak pertama melalui Johan Yoga, namun sundulannya masih ditepis oleh kiper Angga Saputra. Namun, bola oleh wasit Nusur Fadillah dianggap membentur mistar, sehingga tak ada sepakan penjuru dan diikuti peluit panjang tanda pertandingan babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengganti gelandang Hambali Tolib dan memainkan Rendy Irwan, dengan harapan memperkuat lini tengah. Masih tiga menit babak kedua berjalan, Borneo FC memperbesar kedudukan melalui Tarens Puhiri, memanfaatkan skema serangan balik. Penyerang sayap lincah tersebut sukses menjebol gawang Persebaya setelah tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Ernando Ari.

Tertinggal dua gol, Aji Santoso memasukkan striker senior, Samsul Arif, menggantikan Supriyadi dan merotasi bek kanan dengan memainkan Arizky Wahyu Satria mengganti Frank Sokoy. Tapi, justru Borneo FC memperbesar keunggulan menjadi 3-0 melalui Guy Junior, memanfaatkan umpan terukur dari Bustos pada menit ke-61.

Persebaya memperkecil kedudukan menjadi 3-1 lewat Ricky Kambuaya, setelah sepakan keras dari dalam kotak penalti membobol gawang Angga Saputra pada menit ke-75. Hingga menit akhir, skor tidak berubah dan Borneo FC sukses mengantongi tiga poin. (Ant)

Lihat juga...