Lodeh Jagung, Kuah Santannya Mantap di Lidah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Banyak macam sayur lodeh dengan isi sayur yang beragam pula. Mulai dari sayur lodeh terong yang dicampur kacang panjang hingga lodeh jagung manis yang dipadukan dengan berbagai macam sayuran.

Hidangan yang satu ini terasa lebih mantap di lidah, karena perpaduan gurihnya kuah santan kelapa dengan manisnya jagung menyatu. Ditambah dengan irisan sayur labu siam atau orang Jawa biasa menyebutnya welok serta daun melinjo.

“Sayur lodeh jagung itu lebih komplit rasanya, dengan adanya jagung, jadi ada manis-manis legitnya. Ditambah dengan kuah santan yang gurih, jadi rasanya berbeda dengan sayur lodeh biasa yang pada umumnya hanya berasa gurih saja,” kata salah satu penjual sayur lodeh, Mulyati, Sabtu (18/9/2021).

Penjual sayur lodeh jagung di Kota Purwokerto, Mulyati, Sabtu (18/9/2021). Foto: Hermiana E. Effendi

Sayur lodeh merupakan hidangan sayur berkuah santan, ada yang kuah santannya berwarna putih dan tidak pedas, namun ada pula yang kuah santannya berwarna kuning kemerahan karena dilengkapi dengan cabai merah yang dihaluskan.

“Kalau pelanggan warung saya, biasanya lebih suka sayur lodeh yang pedas dan yang ada jagungnya,” kata Mulyati.

Menurutnya, sayur lodeh selain banyak disukai pelanggan warungnya, cara memasaknya juga cukup mudah dan cepat. Untuk bumbu yang dihaluskan yaitu terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah dan kemiri.

Bumbu tersebut dihaluskan dan kemudian ditumis hingga harum. Untuk menambah cita rasa, biasanya ditambahkan dengan lengkuas yang digeprek terlebih dahulu, daun salam serta santan cair.

“Bumbu yang dihaluskan tersebut kemudian ditumis sampai harum dan ditambahkan dengan lengkuas juga daun salam. Setelah itu baru masukkan irisan jagung manis terlebih dahulu, setelah jagung setengah matang baru masukkan sayuran pelengkap lainnya, misalnya kacang panjang, daun melinjo dan baru diberi kuah santan,” jelasnya.

Eviyanti, warga Kota Purwokerto mengatakan, jagung manis mempunyai banyak khasiat yang dibutuhkan oleh tubuh, mulai dari vitamin C, kalori, karbohidrat, protein dan lainnya. Bahkan pada beberapa daerah, jagung menjadi makanan pokok pengganti nasi.

“Jagung manis itu sangat bagus untuk menjaga kesehatan retina mata, bagus untuk kulit juga dan menjaga kepadatan tulang, sekaligus menurunkan kolesterol. Jagung juga bisa dikonsumsi dengan berbagai macam masakan, mulai dari bakwan jagung, jagung rebus, jagung bakar, sayur lodeh, sayur asam dan lainnya,” ucapnya.

Namun, Eviyanti mengaku lebih menyukai jagung yang dimasak sayur lodeh, karena rasa manisnya bercampur dengan gurih santan.

Lihat juga...