Luas lahan Peremajaan Sawit di Mukomuko Lebihi Target

MUKOMUKO — Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan luas lahan perkebunan kelapa sawit yang diusulkan masuk dalam program peremajaan tanaman kelapa sawit dari Kementerian Pertanian telah melebihi target yang ditetapkan seluas 700 hektare.

“Luas lahan perkebunan yang diusulkan mendapat program peremajaan sawit dari Kementerian Pertanian bulan Agustus tahun ini seluas 932 hektare, melebihi dari target kita bulan tersebut seluas 700 hektare,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Apriansyah, di Mukomuko, Kamis (9/9/2021).

Sebelumnya, Dinas Pertanian setempat menargetkan peremajaan tanaman kelapa sawit tidak produktif karena menggunakan bibit asalan dan berusia tua di lahan milik kelompok tani mencapai 700 hektare pada Agustus 2021.

Menurut dia, target peremajaan tanaman kelapa sawit ini telah ditetapkan agar kuota program peremajaan sawit seluas 1.500 hektare untuk 2021 tidak dikurangi.

Dari sebanyak sembilan kelompok tani yang mengusulkan program peremajaan tanaman kelapa sawit, tiga kelompok tani diantaranya telah lebih dulu mengusulkan peremajaan tanaman kelapa sawit di atas lahan seluas 345,68 hektare.

Tiga kelompok tani ini, yakni KRP Sinar Abadi Desa Sungai Gading seluas 132,43 hektare, Kelompok Tani Cahaya Sejahtera Desa Talang Sakti seluas 120,47 hektare, dan kelompok tani Maju Bersama Desa Sungai Lintang seluas 92,78 hektare.

Tiga kelompok tani itu telah mengusulkan program peremajaan tanaman kelapa sawit kepada pemerintah pusat dan telah melalui proses perbaikan kekurangan berkas persyaratan.
Sedangkan enam kelompok tani lainnya baru mengusulkan program ini ke dinas dan sedang mengalami proses verifikasi data untuk kepastian luas lahan perkebunan kelapa sawit.

Ia menyebutkan kelompok tani itu antara lain Kelompok Tani Talang Kuning seluas 106 hektare, Kelompok Tani Mekar Makmur Sejahtera seluas 160 hektare, Kelompok Tani Andalan Saiyo seluas 80 hektare.

Selanjutnya, Kelompok Serumpun seluas 60 hektare, Kelompok Tani Jaya Sentosa seluas 100 hektare, dan Kelompok Tani Harapan Bersama seluas 81 hektare. (Ant)

Lihat juga...