Masyarakat di Ciparay Masih Terbiasa Bakar Sampah

Editor: Koko Triarko

BANDUNG – Asap yang menyembul dari kegiatan pembakaran sampah, menjadi pemandangan sehari-hari yang mudah dijumpai di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, khususnya di wilayah Ciparay.

Tidak dapat dipungkiri, masih banyak masyarakat setempat yang terbiasa memusnahkan sampah dengan cara dibakar, karena selain cepat, membakar sampah juga dianggap sebagai cara yang mudah dan praktis.

“Di sisi lain memang belum semua wilayah terjangkau oleh petugas kebersihan yang mengangkut sampah. Karena itu, banyak masyarakat yang membakar sampah atau membuangnya ke sembarang tempat, termasuk ke sungai,” ujar Tatang Sakim, warga desa Mekarlaksana, Ciparay, Kabupaten Bandung, Rabu (8/9/2021).

Tatang Sakim, warga desa Mekarlaksana, Ciparay, Kabupaten Bandung, bersama rekannya membersihkan bekas bakaran sampah, Rabu (8/9/2021). Rabu (8/9/2021). –Foto: Amar Faizal Haidar

Selain itu, Tatang menyebut belum ada sanksi yang tegas dari pemerintah terhadap masyarakat yang secara sengaja membuang atau membakar sampah.

“Kalau ini dibiarkan terus, kan justru berbahaya. Sesekali perlu sanksi tegas. Karena memusnahkan sampah dengan cara dibakar bukan menyelesaikan masalah, tapi justru berpotensi memunculkan masalah baru yang jauh lebih berbahaya,” tukas Tatang.

Lihat juga...