Masyarakat Situbondo Antusias Vaksinasi di Ponpes Sumber Bunga

Editor: Makmun Hidayat

SITUBONDO — Penurunan kasus paparan Covid-19 di Kabupaten Situbondo tidak lepas dari peran aktif masyarakat dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan. Hal tersebut juga diterapkan dalam mengikuti rangkaian vaksinasi.

Salah satunya, Pondok Pesantren Sumber Bunga yang turut mensukseskan kegiatan pelaksanaan vaksinasi secara massal.

Pengasuh Pondok Pesantren Sumber Bunga, Habib Husen BSA mengatakan, sebanyak 350 santri saat ini mengikuti kegiatan vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi bertujuan agar para santri memiliki kekebalan tubuh yang dapat mencegah paparan positif Covid-19.

“Dengan melakukan vaksinasi, semoga para santri di sini kekebalan tubuhnya bertambah. Sehingga para santri tetap sehat di tengah kasus pandemi Covid-19,” ujarnya kepada Cendana News di wilayah area Pondok Pesantresn Sumber Bunga, Desa Sletreng, Kecamatan Kapongan, Situbondo, Selasa (21/9/21).

Habib Husen mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi ini pihaknya menjalin kerja sama dengan Puskesmas Kapongan, Polri dan TNI. “Kita tentunya perlu untuk berkolaborasi agar pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar,” tandasnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini, Habib Husen mengatakan, selain diikuti oleh para santri, vaksinasi juga turut diikuti oleh wali santri dan warga sekitar ponpes.

“Kesadaran masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi patut saya apresiasi. Karena secara tidak langsung mereka menyadari pentingnya vaksinasi untuk kesehatan tubuhnya,” jelasnya.

Habis Husen mengatakan kepada seluruh kalangan santri serta wali santri yang telah melaksanakan vaksinasi, bahwa disiplin menerapkan prokes masih perlu di jaga dengan baik.

“Walaupun sudah divaksin, disiplin prokes tetap dilaksanakan. Karena ini juga merupakan ikhtiar untuk mencegah terpaparnya posistif Covid-19. Maka jangan sampai meremehkan Covid-19, dengan meninggalkan prokes,” ungkapnya.

Secara terpisah, Wakapolres Situbondo Kompol Pujiarto, SH mengatakan, antusias masyarakat dalam melaksanakan vaksinasi saat ini sudah mulai meningkat. Bisa dilihat dari berbagai Pondok Pesantren dan sekolah yang saat ini sudah masif melakukan vaksinasi.

“Saya bersyukur masyarakat sudah mulai antusias melaksanakan vaksinasi. Kesadaran mereka patut diapresiasi, sebagaimana yang awalnya mereka takut untuk divaksin,” ucapnya.

Lihat juga...