Membangun Relasi yang Baik dengan Anak, Jaga Kesehatan Mental

JAKARTA  – Membangun relasi dengan anak merupakan hal terpenting yang harus orang tua lakukan untuk menjaga kesehatan mental anak, seperti dikatakan psikolog Annelia Sari Sani, S.Psi dari Klinik Psikologi RSAB Harapan Kita dan Petak Pintar.

“Kalau masalah kesehatan mental itu nomor satu adalah relasi,” kata Annelia saat dihubungi, Sabtu.

Annelia mengatakan orang tua harus berusaha mengenal anaknya dan mengetahui bagaimana perkembangan emosi, perkembangan sosialnya hingga kognitif anak.
​​
“Orang tua tuh harus paham sampai mana perkembangan anaknya. Sudah matang atau belum,” jelas Annelia.

Lebih lanjut Annelia menjelaskan, orang tua akan dapat menjaga kesehatan mental anak apabila mereka dapat membangun relasi yang baik. Namun, hal ini bukan hanya sekadar mengajak anak untuk berkomunikasi. Annelia mengatakan bahwa kualitas dari obrolan bersama anak pun perlu diperhatikan.

“Itu semua baru bisa terjadi kalau relasinya baik. Relasi di sini yang bermakna bukan cuma ‘oh anak saya setiap malam saya ajak ngobrol kok’ ngobrolnya seperti apa? Ada kualitasnya atau tidak,” tambah Annelia.
​​
Dengan mengajak anak untuk berkomunikasi dan membangun relasi yang baik, orang tua pun akan dapat lebih memahami tentang mood anak. Sebab, Annelia menjelaskan akar masalah dari depresi adalah gangguan mood yang dialami oleh anak.
​​
Namun, Annelia mengimbau orang tua agar tidak langsung mendiaknosis anak mengalami depresi. Untuk mendiaknosis anak mengalami depresi, perlu adanya konsultasi dengan ahli terlebih dulu. Selain itu, cara untuk dapat memberikan dukungan kepada anak yang memang mengalami depresi pun akan berbeda-beda.

“Ini nggak bisa kita generalisasi sebenarnya. Case by case beda-beda bentuk dukungannya sebenarnya,” ujar Annelia. (Ant)

Lihat juga...