Menikmati Panorama Situ Bereum Sekaligus Mancing Ikan Mujair

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Situ Cibereum, berlokasi di Desa Lambang Sari separohnya lagi masuk wilayah Lambang Jaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, merupakan danau alam yang kerap dijadikan spot mancing liar dan menjala ikan mujair oleh warga.

Tempat itu sampai sekarang masih asri. Tak heran jika danau Cibereum menjadikan tempat tujuan berlibur dan banyak dikunjungi dari berbagai tempat saat akhir pekan.

Selain jadi tempat mancing, menjaring dan menjala ikan, Situ Cibeureum juga jadi tempat wisata kuliner yang ada di sekitaran bantaran danau. Namun sayang tempat itu belum dikelola maksimal dan banyak tempat karaoke. H

“Kami mancing biasa ke sini kalau akhir pekan begini. Tempatnya adem, dan banyak ikan mujair dan ikan lainnya,” ujar Imam mengaku sengaja datang dari Desa Sumberjaya untuk mancing kepada Cendana News, Minggu (26/9/2021).

Imam sengaja membawa anaknya untuk mancing sekalian berlibur di Situ Cibereum. Karena lokasi terdekat dari desa Sumberjaya dan gratis menikmati suasana alam danau dengan lekukan alami.

Imam bersama anaknya saat mancing di Danau Cibeureum Tambun Selatan, di akhir pekan, Minggu (26/9/2021). Foto: Muhammad Amin

Menurutnya selain mancing lokasi ini juga banyak tempat menjala, dan banyak tempat hiburan. Aneka kuliner khas seperti gabus Pucung, makanan kepiting, dan siput air tawar yang bisa dinikmati di gubukan atau saung yang dibuat.

Menikmati suasana ketenganan alam yang jauh dari keramaian jadi alasan Imam membawa anaknya ke Danau Cibereum yang berada di perbatasan Desa Lambangsari dan Lambang Jaya.

“Mau ke mana lagi saat akhir pekan begini, di Danau Cibereum tempatnya masih asri, karena dibiarkan begitu saja, belum dikelola maksimal seperti taman Limo yang selama ini ramai dikunjungi,”paparnya.

“Situ Cibeureum kalau malam Minggu ramai dikunjungi, bisa sampai tengah malam. Lokasinya tidak jauh dari komplek perumahan warga,”tukasnya.

Neneng dan suaminya biasa mencari ikan dengan cara menjala di danau Cibereum. Banyak spot mancing dan menjala di sekitar Situ Cibereum ini.

“Di Cibereum juga, ada perahu untuk keliling danau dengan tarif Rp10 ribu. Tapi banyak anak kecil yang naik perahu yang biasa fasilitas bermain di Cibereum,” papar Neneng mengakui biasa menjala untuk dijual dan dibuat ikan asin.

Lihat juga...