Mi Aceh, Kuliner Khas Gurih Pedas Ditaburi Acar

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Beragam kudapan khas tanah air dapat dengan mudah ditemukan di berbagai titik wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat. Tinggal pilih lokasi, tongkrongan enak untuk menikmati kuliner kesukaan di akhir pekan. Salah satuya bisa sambil menikmati mi Aceh.

Mi Aceh saat ini tentu dikenal semua orang dan juga ada di kawasan Galaxi, Bekasi Selatan.  Galaxi menjadi pusat kuliner dan tongkrongan favorit di akhir pekan untuk bersantai bersama keluarga menikmati makanan dengan suasana berbeda.

“Di Galaxi ini tinggal pilih mau makanan atau minuman khas apa. Tapi kami, lebih memilih nongkrong untuk menikmati mi Aceh, karena rasanya lebih menggugah selera,” ungkap Firdana, asal Jatiasih, saat menikmati sajian mi Aceh di Galaxi, Sabtu (11/9/2021).

Dikatakan, mi Aceh memiliki rasa khas Indonesia dengan acar bawang merah dipadu bawang goreng, kari, hingga rasanya kaya rempah. Di kedai mi Aceh, Firdana mengaku tidak hanya menyukai mi, tapi juga sekaligus menikmati kopi Sareng khas Aceh.

Menurutnya, mi Aceh bisa saja dibuat sendiri di rumah, tapi tentu rasanya berbeda. Setiap masakan untuk menemukan rasa pas, juga harus dilatih setiap hari atau sesering mungkin hingga rasanya bisa menyesuaikan.

“Bahan baku mi Aceh berbeda dengan daerah lain karena kaya rempah,  ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, serta jeruk nipis. Karinya bisa dipesan khusus,” ucap Reza, pembuat mi Aceh di salah satu kedai mi Aceh di pintu masuk Galaxi kepada Cendana News.

Reza tengah membuat pesanan makanan di Kedai Mi Aceh Galaxi, Sabtu (11/9/2021) – Foto: Muhammad Amin

Mi Aceh ini juga menggunakan jenis mi telur yang direbus terlebih dulu, dengan campuran daun bawang, tomat, sawi hijau, bawang merah daging, atau udang. Tapi, untuk isian tentunya menyesuaikan dengan pilihan menu dan harga. Untuk pilihan juga bisa menyesuaikan, ada mi Aceh goreng atau basah.

Kedai mi Aceh di Galaxi memang khusus kuliner khas Indonesia dengan beragam pilihan menyesuaikan selera dan kantong.

“Buka dari siang sampai malam dengan berbagai menu khas Aceh. Selain mi, ada nasi goreng, teh khas Aceh, dan lainnya. Suasananya pun nyaman karena tepat di tepi jalan, tidak jauh dari pintu masuk,” jelasnya.

Lihat juga...