MU Wajibkan Penonton di Old Trafford Bersertifikat Vaksin COVID-19

Para pendukung Manchester United menyambut gembira gol Fred yang merupakan gol kelima Manchester United saat mengalahkan Leeds United di Old Trafford, Manchester, Inggris, 14 Agustus 2021 - Foto Ant
JAKARTA – Manchester United (MU), Senin (6/9/2021) waktu setempat mengungkapkan, penonton yang datang ke Old Trafford harus bersiap memeriksakan status COVID-19 mereka. Hal itu akan diterapkan mulai pertandingan melawan Newcastle United, Sabtu (11/9/2021) pekan ini.

Penonton berusia di atas 18 tahun, harus menunjukkan telah divaksinasi lengkap atau menunjukkan hasil negatif pada PCR COVID-19, atau tes sejenis dalam waktu 48 jam sebelum kickoff.

Langkah itu dilakukan, setelah pemerintah Inggris mengindikasikan bahwa pemeriksaan sertifikat vaksin COVID-19 kemungkinan bakal diwajibkan, terhadap mereka yang menghadiri event-event besar mulai 1 Oktober. “Manchester United, wajib mengikuti pedoman pemerintah nasional ini, guna memastikan semua penonton bisa menghadiri pertandingan dengan aman. Dan berusaha menghindari pembatasan kapasitas lebih jauh pada masa mendatang,” kata klub itu, dalam pernyataan resminya.

Sementara itu, pendukung tim tandang, akan dibolehkan menyaksikan pertandingan-pertandingan kompetisi klub Eropa, ketika penyisihan grup Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi perdana, yang mulai berlangsung pekan depan. Hal itu diungkapkan badan sepak bola Eropa (UEFA), Senin (6/9/2021).

Namun, penonton tim tandang masih harus tunduk kepada aturan pembatasan COVID-19, yang diterapkan negara penyelenggara laga. Penonton tim tandang, dilarang menyaksikan pertandingan kompetisi klub Eropa sejak awal pandemi, di mana hanya sejumlah kecil penonton yang menyaksikan final Liga Champions dan Liga Europa pada Mei.

“Mempertimbangkan berbagai aturan dan aturan yang berlaku di seluruh wilayah asosiasi anggota UEFA, diputuskan untuk menyerahkan keputusan terkait penonton kepada otoritas kompeten terkait,” kata UEFA.

UEFA menyatakan, tak akan lagi mengharuskan pemain yang sudah divaksinasi lengkap atau sudah sembuh dari COVID-19, menjalani tes sebelum bermain dalam pertandingan-pertandingan kompetisi klub Eropa. Namun, pemain mungkin masih perlu menjalani tes untuk memasuki negara-negara yang menyelenggarakan pertandingan, sesuai dengan aturan pembatasan yang diambil pemerintah negara itu.

Babak penyisihan grup Liga Champions dimulai 14 September dengan pertandingan-pertandingan termasuk Manchester United, melawan tuan rumah Young Boys dan Barcelona menjamu Bayern Muenchen. (Ant)

 

Lihat juga...