Murah Meriah, Masyarakat Arjasari Nikmati Liburan dengan Odong-odong

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Menumpang mobil odong-odong masih menjadi pilihan menarik bagi sebagian masyarakat Desa Pinggirsari, Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat untuk mengisi waktu liburan di setiap akhir pekan bersama keluarga.

Tina Eliana (28), warga setempat menyebut, kehadiran mobil odong-odong rute kampung Kinasapuluh – kampung Cibuntu itu memang selalu disambut meriah lantaran tarifnya yang murah, serta cukup menghibur dengan musik anak-anak yang disetel sepanjang perjalanan.

“Bayarnya juga cuma Rp5.000 per kursi. Kalau orang tua naik sama anaknya, cuma Rp7.000. Lumayanlah, liburan yang murah meriah,” ujar Tina, Minggu (12/9/2021) di kampung Kinasapuluh.

Selain itu, Tina mengatakan, berlibur dengan mobil odong-odong juga menarik karena bisa menampung banyak orang, sehingga suasana di dalamnya ramai dan tidak menjenuhkan.

Mobil odong-odong di Desa Pinggirsari, Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pilihan alternatif wisata yang menyenangkan, Minggu (12/9/2021). Foto: Amar Faizal Haidar

“Wisata ini juga aman sih karena rutenya tidak ke jalan raya. Cuma di perkampungan sini saja, tidak banyak kendaraan. Terus pemandangan di sini juga lumayan bagus, jadi ya cukup menghiburlah,” kata Tina.

Sementara itu, Jayadi (47), pemilik mobil odong-odong tersebut mengaku, selama pandemi penumpang odong-odong semakin bertambah.

“Alhamdulillah pemasukan lumayan bertambah. Mungkin karena tempat wisata banyak yang ditutup, jadi orang milih liburan pakai odong-odong ini sebagai liburan alternatif,” ungkap Jayadi.

Ia pun bersyukur, lantaran mobil odong-odongnya tidak pernah dilarang beroperasi selama masa pandemi. Meski demikian, aparatur desa setempat meminta agar dirinya membatasi jumlah penumpang.

“Sempat waktu corona heboh saya diminta tidak mengisi penuh, jadi kapasitasnya ini kan 20 orang, diminta maksimal 10 orang. Tapi sekarang normal lagi. Kebetulan di kampung ini cuma odong-odong saya saja yang beroperasi, jadi tidak ada saingan,” paparnya.

Sekadar informasi tambahan, mobil odong-odong ini sendiri hanya beroperasi setiap hari Sabtu dan Minggu, mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Lihat juga...