Ombak Landai Pantai Pathek, Daya Tarik Wisatawan di Situbondo

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SITUBONDO – Wisata bahari Pantai Pathek menjadi pilihan warga menjelang akhir pekan bersama keluarga. Suasana ombak yang landai menjadi pilihan anak-anak untuk melakukan aktivitas berenang.

Sundarto, warga Desa Olean, Kecamatan/Kabupaten Situbondo mengatakan, pilihan dirinya bersama dua anaknya menuju wisata bahari Pantai Pathek dikarenakan akses yang dituju dekat dari rumahnya. Selain itu, ia bisa menikmati suasana pantai sampai puas.

“Setiap hari libur kerja, saya bersama anak-anak rutin ke sini. Anak-anak saya juga suka bermain di air laut untuk berenang,” ujar Sundarto kepada Cendana News di Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Minggu (5/9/2021).

Selain rutin mengantar kedua anaknya berenang di pantai, Sundarto mengaku juga senang ada di sekitar Pantai Pathek. Suasana angin dan ombak yang landai, membuat pikiran menjadi lebih fresh di sela kegiatan bekerja setiap hari.

“Saya memang memiliki waktu khusus untuk meninggalkan segala aktivitas pekerjaan setiap hari. Seperti saat hari libur sekarang, saya menggunakan waktu libur untuk bersama keluarga bersama anak ke pantai. Bagi saya, rasanya lebih tenang dan senang saat hari libur menghabiskan waktu bersama keluarga,” ungkapnya.

Sundarto mengaku, mengunjungi wisata Pantai Pathek, selain untuk berenang bersama kedua anak, ia juga senang dengan berbagai aktivitas nelayan yang sibuk menangkap ikan.

“Para nelayan di sini, pada saat menjelang siang hari, sekitar pukul 09.00 WIB sibuk dengan kegiatan menangkap ikan. Bagi mereka, untuk menangkap ikan dengan cara dijaring, cukup menyusuri bibir pantai, ikan yang didapat memang bisa besar ukurannya,” jelasnya.

Menurutnya, keberadaan ikan yang tersedia, menjadi tontonan menarik bagi dirinya bersama wisatawan lokal lainnya.

“Kadang ikan yang besar bisa sampai lompat-lompat di sekitar pinggiran pantai, sehingga banyak orang juga memanfaatkan situasi dengan memancing,” ucapnya.

Terpisah, Ansori, warga Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, mengaku, setiap hari rutin menangkap ikan di sekitar bibir Pantai Pathek. Menurutnya, ikan yang dihasilkan cukup banyak.

Ansori (kanan) saat ditemui Cendana News di sela aktivitas memancing di Pantai Pathek, Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Minggu (5/9/2021).- Foto Iwan Feri Yanto

“Menangkap ikan di sini sebenarnya selain gratis ikannya juga banyak. Pada saat airnya agak surut, saya menggunakan pancing, sedangkan pada saat airnya pasang, saya menggunakan alat jaring untuk menangkap ikan,” ucapnya.

Lihat juga...