Pelaksanaan PTM Terbatas di Situbondo Dilakukan Bertahap

Editor: Makmun Hidayat

SITUBONDO — Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Situbondo, dilakukan secara bertahap dengan sistem bagi waktu dari jumlah siswa yang ada. Setiap lembaga sekolah, diberikan wewenang dalam pemberlakuan pembelajaran terbatas di sekolah.

Kabid Paud dan Dikmas Situbondo, Hari Subagio, S.Pd., MM.Pd mengatakan, berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo, penyelenggaraan PTM terbatas ditetapkan sejak 23 Agustus 2021.

“Penetapan pembelajaran tatap muka terbatas mulai diberlakukan pada seluruh lembaga pendidikan dalam wilayah Kabupaten Situbondo, berdasarkan kewenangan kabupaten. Namun, hal itu kembali kepada lembaga sekolah masing-masing,” ujarnya kepada Cendana News melalui media telepon, di wilayah Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, Kamis (2/9/2021).

Hari Subagio, saat dikonfirmasi di wilayah Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, Kamis (2/9/2021).- Foto Iwan Feri Yanto

Hari menambahkan, masing-masing lembaga pendidikan tidak serentak dalam memberlakukan PTM terbatas. Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena lingkungan sekolah, dan dukungan dari wali murid.

Ada yang mulai aktif menerapkan PTM terbatas sejak Senin (23/8), juga ada yang mulai aktif menerapkan pada Kamis (26/8). Ada yang sudah mendahului, ada yang masih baru aktif menerapkan pada Senin (30/8).

Pelaksanaan PTM terbatas, menurut Hari mengacu kepada keadaan menurunnya kasus paparan positif Covid-19 di Situbondo yang mulai menurun.

“Penurunan kasus positif Covid-19 mendukung atas pelaksanaan PTM terbatas. Namun masih tetap hati-hati, agar tidak ada penularan kasus baru,” ungkapnya.

Hari menambahkan, efektivitas pelaksanaan PTM terbatas masih menjadi pertimbangan khusus, sebagaimana ritme kasus Covid-19 di Situbondo.

“Ada yang melaksanakan PTM terbatas di sekolah, juga ada yang melalaui via daring dalam proses pembelajaran setiap hari. Namun, apabila dengan pelaksanaan PTM terbatas berhasil mengurangi persebaran baru, nanti bisa di laksanakan PTM keseluruhan siswa,” jelasnya.

Lihat juga...