Pemkab Bangka Mulai Menyeleksi Calon PPPK Fungsional Guru

Peserta seleksi PPPK fungsional guru di Bangka - Foto Ant
SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mulai menyeleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk fungsional guru. Seleksi terhadap 613 orang calon PPPK tersebut dimulai 13 September 2021, dan akan berakhir 17 September 2021.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadindikpora) Kabupaten Bangka, Rozali Romkad mengatakan, 613 orang calon PPPK merupakan peserta yang dianggap memenuhi syarat administrasi dan akan merebutkan 102 formasi.

Ada 102 orang formasi PPPK fungsional guru yang ditetapkan pemerintah pusat melalui kementerian terkait, untuk disemua jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Seleksi dilakukan dalam dua sesi mulai pukul 08.00-13.00 WIB dan sesi kedua 14.00-16.50 WIB. “Setiap sesi diikuti 84 peserta dan terbagi dalam tiga lokal kelas. Ujian peserta PPPK berbasis System Computer Assisted Test (CAT) serta harus menunjukkan surat non reaktif atau negatif hasil rapid antigen dari pusat pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Sementara Tim Monitoring Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) , DR Fathur mengatakan, peserta seleksi PPPK yang mengikuti ujian seleksi tahap satu, merupakan peserta yang sudah memenuhi syarat administrasi. “Peserta ujian tahap satu diutamakan yang formasi di sekolah negeri masing-masing, jika peserta yang tidak lolos tahap pertama masih diberikan kesempatan mengujian tahap kedua,” jelasnya.

Pada seleksi PPPK tahap ketiga, akan dibuka secara umum secara kompetitif karena siapapun yang dianggap memenuhi syarat dapat mengikuti seleksi. “Guru honor yang tidak lolos seleksi tahap pertama dan kedua, masih ada tahap ketiga. dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah,” ujarnya.

Pelaksaan seleksi penerimaan PPPK fungsional guru, diserahkan kepemerintah daerah. Sementara pemerintah pusat melakukan supervesi, melakukan penjaminan mutu untuk memastikan bahwa proses pelaksanaan seleksi sesuai petunjuk teknis dan pelaksana yang ditetapkan. (Ant)

Lihat juga...