Pemkab Kotim Diminta Segera Normalisasi Sungai Cegah Banjir

SAMPIT – Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Muhammad Kurniawan Anwar, meminta pemerintah kabupaten setempat segera melakukan normalisasi sungai untuk mencegah banjir di kawasan kota Sampit.

“Kami melihat bencana alam berupa bencana banjir, salah satunya karena banyak penyempitan dan pendangkalan sungai. Sebab itu harus segera dinormalisasi. Apalagi, saat ini curah hujan sangat tinggi,” kata Kurniawan di Sampit, Selasa (7/9/2021).

Saat ini, banjir cukup parah melanda tujuh kecamatan di kawasan utara akibat luapan sungai seiring meningkatnya curah hujan. Banjir juga rawan melanda Sampit jika sungai-sungai kecil di kota ini juga meluap saat curah hujan meningkat signifikan.

Banjir di sejumlah lokasi di Sampit sudah sering terjadi ketika hujan deras terjadi berjam-jam. Kejadian itu seharusnya menjadi pengalaman bagi pemerintah daerah untuk mencegah agar banjir tidak sampai terulang lagi.

Kurniawan meminta Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman bisa bergerak cepat melakukan normalisasi sungai-sungai kecil yang melintasi kota di Sampit. Tujuannya agar air mengalir cepat ke Sungai Mentaya sehingga sungai-sungai kecil yang melintasi permukiman tidak sampai meluap dan menyebabkan banjir.

Lihat juga...