Pemkab Tangerang Optimalkan Normalisasi Sungai dan Sarana Irigasi

TANGERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) melakukan normalisasi beberapa sungai dan membangun saluran air pada tahun 2021.

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada DBMSDA Kabupaten Tangerang, Dedi Sukardi di Tangerang, Sabtu mengatakan, dalam kegiatan peningkatan irigasi dilakukan pada tahun ini hanya sekitar 22 yang terealisasi, dari 62 kegiatan yang direncanakan.

“Sebagian kegiatan peningkatan sungai dan saluran air terkena refocusing atau pengurangan anggaran kegiatan untuk penanganan COVID-19,” katanya.

Adapun sungai yang telah dilakukan normalisasi diantaranya seperti peningkatan Sungai Cimaneuh, sungai Cisiang, sungai Cipayeun, sungai Cikolear, sungai Ciketapang, sungai Cikait, sngai Curanjieun dan sungai Cikepuh.

“Jadi dari rencana 62 kegiatan normalisasi itu hanya 22 saja yang terlaksana,” katanya.

Sementara itu, Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang, Slamet Budi menambahkan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan pembangunan peningkatan sungai Solear. Dari Peningkatan kapasitas saluran irigasi yang diproyeksikan dapat memenuhi layanan Daerah Irigasi lahan pertanian di Kecamatan Cisoka dan Kecamatan Solear.

“Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat memberikan manfaat yang nyata di mana air akan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” katanya

Ia berharap, pembangunan jaringan irigasi dapat meningkatkan produktivitas sektor pertanian yang merupakan salah satu lumbung pangan nasional.

Selain itu, dalam mendukung sektor pertanian, pihaknya juga telah membangun drainase yang ada di Jalan Pemda Kabupatem Tangerang dan pelebaran untuk penanganan genangan air dengan melakukan kegiatan crossing (sodetan).

“Kita sudah buat sodetan yang pertama di depan Bizlink yang kedua di sebrang dekat dengan Bizzpoint, jadi itu yang kita lakukan penanganan yaitu crossing di beberapa titik dengan pemasangan saluran beton dengan lebar 2 meter sepanjang 78 meter,” kata dia. (Ant)

Lihat juga...