Pemkot Bekasi Buka Gerai Vaksinasi di Pusat Perbelanjaan

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, terus memberi kemudahan bagi warganya untuk vaksinasi Covid-19. Bagi warga yang belum divaksin, bisa langsung ke pusat perbelanjaan. Program vaksin berlangsung hingga 30 September 2021.

Program Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan mulai hari ini, Senin 13 sampai dengan 30 September 2021, di 17 titik lokasi di Kota Bekasi sesuai surat edaran wali kota Bekasi Nomor: 443.1/1906/SET.Covid19, tentang pelaksanaan program vaksinasi Covid-19.

“Hal ini berkenaan dengan pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 di Kota Bekasi, sebagai upaya untuk mencapai herd immunity dalam rangka mengurangi transmisi/penularan Virus Covid-19, dan untuk menurunkan angka kesakitan serta kematian akibat Virus Covid-19,” ungkap Sajekti Rubiah, Humas Pemkot Bekasi, Senin (13/9/2021).

Dikatakan, program Vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan secara komprehensif kepada masyarakat umum di Kota Bekasi, dengan menggunakan Vaksin Covid-19 yang tersedia sebanyak 100 dosis per hari per titik lokasi.

Menurutnya, untuk pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia/tenaga dalam pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 di 1 titik lokasi, minimal dibutuhkan petugas dua orang. Hal lain agar pelaksanaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan menyiapkan sumber daya manusia/tenaga dalam penginputan Pcare pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19. Kepala Dinas Kominfostandi beserta jajarannya melakukan monitoring dan membantu, bila terjadi kendala dalam sistem dan jaringan pada saat pelaksanaan pelaporan dengan menggunakan Aplikasi PCare.

“Dalam giat tersebut dilakukan kolaborasi lintas instansi. Semua dilibatkan, seperti Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dinas Kesehatan beserta jajarannya melakukan monitoring di masing-masing titik lokasi yang menjadi tanggungjawabnya,” ujarnya.

Kepala Puskesmas membuat dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 kepada Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Laporan disampaikan secara bertahap setiap 1 (satu) jam melalui pesan WhatsApp, dan Laporan akhir pelaksanaan di sore hari pada pukul 17.00 WIB dalam bentuk hardcopy.

Begitupun pengelola pusat perbelanjaan agar menugaskan anggota satuan keamanan di tempat masing-masing, untuk membantu pengamanan dalam pelaksanaan Program Vaksinasi, agar tidak terjadi kerumunan serta memudahkan warga masyarakat peserta Vaksinasi Covid-19 dosis ke dua untuk hadir dalam pelaksanaannya.

Berikut adalah daftar pusat perbelanjaan yang menyediakan gerai vaksinasi di Kota Bekasi:

1. Makmur Orient Jaya
2. Grand Mall
3. Courts Retail Indonesia
4. Metropolitan Mall
5. Grand Metropolitan
6. Bekasi Square
7. Lagoon Avanue
8. Grand Galaxy Park
9. Bekasi Cyber Park
10. Mega Hyper Mall Bekasi
11. blu plaza
12. Bekasi Trade Center
13. Transpark mall juanda
14. Mall Linc Square
15. mall Ciputra Cibubur
16. Plaza Cibubur
17. Plaza Pondok Gede

Lihat juga...