Pemkot Bekasi Gelar Vaksinasi di Setiap Kelurahan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto,memastikan pemerintah telah mempersiapkan vaksinasi tahap satu dan dua khusus yang digelar di kelurahan masing-masings sesuai domisili. Vaksin jenis Sinovac digelar selama dua hari, mulai besok Sabtu-Minggu (4-5/9/2021).

“Untuk informasi lebih lanjut warga diminta cek informasi terkait titik lokasi vaksin bisa dilihat di Instagram setiap kelurahan masing-masing. Vaksin ini tidak dikhususkan untuk tahap dua saja, tapi warga yang belum vaksin sama sekali juga bisa langsung datang,” ujar Tri Adhianto, Jumat (3/9/2021).

Dikatakan, setiap kelurahan ditarget mencapai 5000-an lebih, artinya setiap titik sehari harus bisa memberikan vaksin 200 orang. Namun dia mengingatkan harus tetap menjaga protokol kesehatan. Hal itu harus menjadi perhatian panitia kelurahan untuk mempersiapkan serapi mungkin ketentuan teknis di lapangan.

Begitu pun jika ada yang bertanya telah divaksin tahap satu, tapi sudah lebih dari dua minggu atau terlewat terlalu jauh dari vaksin pertama, bisa datang dan berkoordinasi di lapangan dengan tim medis yang disiapkan di setiap kelurahan.

“Ini adalah upaya yang terus dilakukan dalam menciptakan herd immunity, jika belum 70 persen vaksin di Kota Bekasi, maka akan terus digiatkan agar akhir 2021 target vaksin tercapai,” papar Mas Tri kepada Cendana News.

Sementara Lurah Jatimekar, Gofur, dikonfirmasi terpisah mengakui, telah membentuk panitia khusus untuk mensukseskan vaksinasi tahap dua dan satu besok.

Berbagai cara telah dilakukan sebagai bentuk sosialisasi seperti melalui toa musala, masjid dan mobil keliling dari kampung ke kampung mengimbau masyarakat agar ikut vaksin.

Untuk Kelurahan Jatimekar, Gofur mengaku, menargetkan selama dua hari bisa tembus di atas 5000-an lebih. Karena vaksinasi tahap pertama jenis Sinovac dua minggu lalu jumlahnya di atas lima ribu, tahap kedua ini masih memberi kesempatan bagi warga yang baru ingin divaksin.

“Kami telah menyiapkan 10 titik lokasi vaksin di wilayah Jatimekar, Jatiasih. Warga bisa datang ke RT/RW untuk mengetahui lebih jelas lokasi pelaksanaan vaksin tahap dua ini. Dia berharap, warga bisa mengikuti vaksin demi ikhtiar menjaga kesehatan dan menciptakan herd immunity,” tukasnya.

Sepuluh titik lanjutnya, penggabungan antara beberapa RW, seperti di sekitar Kampung Pamahan digelar di empat titik. Misalnya kompleks Angkasapuri dan RW 08.

Gofur optimis, pelaksanaan vaksinasi berjalan maksimal karena telah beberapa kali menggelar vaksin serentak.

“Untuk teknis di lapangan sepertinya akan lebih maksimal, tidak ada kerumunan atau lainnya. Karena sudah belajar dari pengalaman beberapa kali menggelar vaksin serentak,” pungkasnya.

Lihat juga...