Pemuda Bulukumba Hadirkan ‘Sailing Phinisi’ Dukung Wisata Bahari

BULUKUMBA — Sekelompok Pemuda Kreatif Bulukumbayang bernaung di @salingphinisi.id menghadirkan pelayaran dengan memadukan pelayanan untuk mendukung destinasi wisata bahari di daerah ini.

“Bulukumba yang terkenal dengan perahu Phinisinya hingga ke mancanegara, kini akan melayani pengunjung berkeliling ke pantai-pantai indah yang ada di Bulukumba,” kata salah seorang Founder Sailing Phinisi, Rizal Luvi menanggapi pelayaran bersama perahu Phinisi di Bulukumba, Sulsel, Minggu (12/9/2021).

Dia mengatakan, selain menikmati pelayaran dengan kapal khas bumi “Pantita Lopi” ini, pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Bulukumba sembari ditemani live musik di atas Perahu Pinisi.

Menurut dia, dengan Sailing Phinisi ini pihaknya ingin menciptakan pengalaman yang tak terlupakan, yang akan membawa pengujung berlayar dengan layanan kelas satu.

Sementara itu, Asfar Fajar yang juga terlibat dalam projek tersebut mengungkapkan, dengan bekal ilmu yang didapat dari tanah rantau, ia kembali ke kampung halaman untuk berkontribusi membangun tanah kelahirannya melalui Sailingphinisi.id.

“Karena begitu besar harapan saya untuk memajukan Bulukumba di bidang pelayanan, tour, dan pariwisata mengingat Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam yang dimiliki sangat melimpah dan menjanjikan,” ujarnya.

Dengan hadirnya Sailing Phinisi pertama di Bulukumba ini akan menjadi pembuktian bahwa semangat dari pemuda Bulukumba begitu besar untuk memajukan roda ekonomi kreatif yang akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat lokal yang mampu bersaing dengan pelayanan standar internasional.

Hal senada juga dikemukakan Khaeriah Ulfa Rahman bahwa Sailingpinisi.id ini selain mengangkat potensi Bulukumba, juga memberikan penghargaan kepada para To Panrita (pembuat perahu) yang telah berjuang sampai saat ini pinisi telah diakui sebagai warisan budaya dunia.

Karena itu, dalam Sailing Phinisi juga melibatkan pemuda hebat Bulukumba di bidang seni budaya serta mengajak para pelaku usaha untuk berkontribusi kota tercinta Bulukumba.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Pariwisata Bulukumba, Muh Ali Saleng mengatakan sangat mengapresiasi para pemuda kreatif yang ingin memajukan dan mendorong wisata bahari yang memang menjadi andalan daerah ini.

Dengan demikian, lanjut dia, kalau selama ini perahu phinisi buatan Bulukumba digunakan di luar berlayar, kini juga digunakan berlayar dan berwisata di kawasan pantai di Bulukumba. (Ant)

Lihat juga...