Pengacara Tersangka Perusuh Capitol AS Minta Tempat Sidang Dialihkan

WASHINGTON – Seorang pengacara untuk seorang pria yang dikaitkan dengan kelompok Oath Keepers (organisasi sayap kanan jauh) yang antipemerintah, pada Rabu meminta hakim untuk mempertimbangkan memindahkan kemungkinan persidangannya atas tuduhan keterlibatan dalam kerusuhan Capitol AS dari Washington, karena dia yakin juri di kota itu bias politik.

Pengacara David Fischer mewakili mantan perwira intelijen Angkatan Laut, Thomas Caldwell (65) dari Berryville, Virginia, yang termasuk di antara sekitar 600 terdakwa yang diadili dalam serangan 6 Januari di Capitol ketika Kongres bertemu untuk mengesahkan kemenangan Joe Biden dalam pemilihan November atas Presiden Donald Trump saat itu.

Sebelumnya pada 6 Januari, Trump telah memberikan pidato berapi-api kepada para pendukung yang mengklaim kekalahannya adalah hasil penipuan.

“Ada begitu banyak prasangka terhadap para terdakwa ini, itu di luar rencana,” kata Fischer kepada Hakim Distrik Amit Mehta, mengacu pada Washington D.C.

Ditanya oleh Mehta bagaimana dia tahu itu, Fischer mengatakan Washington “sangat anti Donald Trump.”

Mehta tidak segera memutuskan permintaan tempat Fischer.

Pada bulan Februari, Caldwell mengaku tidak bersalah untuk beberapa tuduhan, termasuk merencanakan dengan orang lain untuk mengganggu proses di Kongres.

Pengacara Caldwell telah membantah pernyataan jaksa, bahwa kliennya adalah anggota Oath Keppers, atau bahwa dia memiliki ikatan kuat dengan milisi itu.

Juga pada Rabu, Mark Connell, seorang pengacara untuk Mark Leffingwell, yang menghadapi tuduhan kejahatan terkait kerusuhan, mengatakan kepada Hakim Distrik AS, Amy Berman Jackson, bahwa pengacara pembela dan penuntutan “perlu menyelesaikan beberapa rincian” dari kemungkinan kesepakatan tawar-menawar pembelaan untuk Leffingwell.

Leffingwell, dari Seattle, adalah salah satu orang pertama yang ditangkap atas tuduhan terkait kerusuhan. Dalam sebuah pernyataan, seorang perwira polisi Capitol AS yang tidak disebutkan namanya, mengatakan Leffingwell “meninju saya berulang kali dengan kepalan tangan tertutup. Saya dipukul di helm yang saya kenakan dan di dada.” (Ant)

Lihat juga...