Pentingnya Menjaga Tanaman Mangrove di Kawasan Pesisir Pantai

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SITUBONDO – Ketersediaan tanaman mangrove yang baik tidak lepas dari peran masyarakat dalam menjaga kelestarian tanaman tersebut. 

Sunarsi, warga Desa Kliensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo mengatakan, keberadaan tanaman mangrove di sekitarnya masih tersedia dengan baik. Bahkan menurutnya, tanaman mangrove yang ada dijaga dengan baik oleh masyarakat.

Sunarsi saat ditemui Cendana News di Desa Kliensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Rabu (22/9/2021).- Foto: Iwan Feri Yanto

“Keberadaan tanaman mangrove perlu dijaga khususnya yang berada di kawasan pesisir pantai. Hal itu untuk mencegah abrasi air laut yang berdampak pada pemukiman warga,” ujar Sunarsi kepada Cendana News, di Desa Kliensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Rabu (22/9/2021).

Sunarsi menambahkan, keberadaan tanaman mangrove menjadi potensi besar untuk kehidupan masyarakat, terutama masyarakat yang hidup berdampingan dengan laut, sehingga penting sekali untuk tetap menjaga populasi mangrove yang ada.

“Walaupun intensitas ombak laut yang ada di sini kecil dengan adanya tanaman mangrove memiliki manfaat yang sangat baik,” ucapnya.

Keberadaan ombak yang kecil, tidak lantas membuat warga pesisir merasa aman. Sunarsi mengaku, persoalan lain ada pada sambungan saluran air sungai yang memasuki perairan laut.

“Air yang berasal dari sungai memiliki pengaruh besar yang dapat membentuk sedimentasi, berakibat  permukaan air terus meningkat. Material yang terbawa air sungai mengendap di area pertemuan antara air laut dan sungai,” jelasnya.

Sunarsi mengatakan, pengendapan bahan material itulah yang membuat air laut naik. Namun, menurut keterangannya dengan adanya tanaman mangrove masih dapat mencegah gelombang air laut agar tak naik ke permukaan daratan.

“Walaupun proses sedimentasi terjadi dengan adanya tanaman mangrove, mencegah gelombang ombak naik ke pemukiman masyarakat pesisir yang ada di sini,” ungkapnya.

Secara terpisah, Muhlasin, warga sekitar mengatakan, dalam menjaga kelestarian populasi tanaman mangrove, ia bersama warga sekitar turut melakukan proses reboisasi atau penanaman mangrove di sekitar area pesisir pantai.

“Agar proses reboisasi tetap terjaga dengan baik, kami melakukan penanaman tambahan. Nantinya, tunas yang masih muda dapat berkembang dengan baik apabila tanaman yang lain sudah banyak yang mati,” jelasnya.

Lihat juga...