Perbukitan di Empat Kecamatan di Pasaman Rawan Longsor

LUBUK SIKAPING – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat, mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan menghindari tempat perbukitan yang rawan longsor di empat kecamatan, saat penghujan.

“Tempat perbukitan di lima kecamatan yang rawan longsor itu, yakni di Kelurahan Baragin, Kecamatan Bonjol, Kecamatan Duo Koto, Kecamatan Mapatunggul, dan Kecamatan Mapatunggul Selatan,” kata Kepala BPBD Kabupaten Pasaman, Ricky di Lubuk Sikaping, Rabu (1/9/2021).

Sebenarnya, saat ini bukan musim penghujan, tetapi mungkin akibat pengaruh badai tropis siklon pada beberapa bulan lalu sehingga ada perubahan cuaca.

Ia menjelaskan, saat ini kondisi bencana alam terkait longsor, banjir dan lainnya belum ada, mudah-mudahan hendaknya tidak ada bencana alam di Kabupaten Pasaman.

Mengingat cuaca yang tidak menentu, pihaknya berharap kepada masyarakat agar tetap waspada, menghindari tempat rawan longsor, kemudian memperhatikan kondisi arus sungai.

“Arus sungai bisa dilihat dengan tanda-tanda alam seperti warna air yang mulai keruh, debit air mulai tinggi disertai dedaunan dan reranting pepohonan mengalir di sungai, yang hal tersebut berpotensi terjadinya banjir bandang,” ujarnya.

Pantauan di lapangan pada Rabu (1/9), di Kecamatan Lubuk Sikaping pada pukul 10.00 WIB – 17.30 WIB hujan masih turun dan tidak mengakibatkan banjir serta longsor. (Ant)

Lihat juga...