Perjalanan Lebih Cepat, Penumpang di Daop 5 Naik 30 Persen

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Setelah sempat menurun drastis akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), penumpang kereta api (KA) di wilayah Daop 5 Purwokerto berangsur mulai naik. Tercatat kenaikan jumlah penumpang sampai dengan hari ini, rata-rata mencapai 30 persen.

Vice President Daop 5 Purwokerto, Daniel Johanes Hutabarat mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan. Selain penurunan biaya rapid test antigen dari Rp 85.000 menjadi Rp 45.000 per penumpang, PT KAI juga mempercepat waktu tempuh perjalanan KA pada 14 rute.

Vice President Daop 5 Purwokerto, Daniel Johanes Hutabarat di Stasiun Purwokerto, Selasa (28/9/2021). Foto: Hermiana E.Effendi

“Inovasi kita yang terbaru, perjalanan KA lebih cepat sekarang. Misalnya dari Stasiun Gambir ke Yogyakarta yang sebelumnya memakan waktu 7 jam, sekarang hanya ditempuh dalam 6 jam, kemudian KA Argo Wilis rute Bandung- Surabaya Gubeng pp lebih cepat 48 menit, sehingga waktu tempuhnya menjadi 9 jam 55 menit,” jelasnya, Selasa (28/9/2021).

Menurut Daniel, percepatan waktu tempuh tersebut bisa dilakukan karena ditunjang infrastruktur yang baik, terutama pada jalur selatan.

Beberapa perjalanan KA yang melintas di wilayah Daop 5 Purwokerto yang mengalami percepatan waktu tempuh, antara lain KA Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng pp, KA Argo Lawu relasi Gambir-Solo Balapan pp, KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan pp dan KA Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta pp.

“Percepatan ini dapat diraih melalui peningkatan kemampuan prasarana sehingga kereta mampu melaju lebih cepat namun tetap mengutamakan keselamatan perjalanan,” kata Daniel.

Terkait kenaikan jumlah penumpang KA, Daniel menjelaskan, peningkatan 30 persen terjadi pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu. Saat ini jumlah penumpang di wilayah Daop 5 Purwokerto pada akhir pekan sudah mencapai kisaran 5.000 orang.

“Sebelumnya, penumpang kita hanya kisaran 1.200 – 1.300, setelah harga rapid test antigen diturunkan, kemudian ditambah dengan adanya percepatan perjalanan KA, jumlah penumpang langsung meningkat,” terangnya.

Sementara itu, dalam rangka peringatan HUT PT KAI ke-76, Daop 5 Purwokerto juga memberikan vaksin gratis sebanyak 300 dosis untuk masyarakat sekitar. Selain itu juga diberikan suvenir khusus kepada para pelanggan KA.

“Untuk pemberian vaksin, sampai dengan hari ini, kita sudah memberikan 8.000 dosis, baik untuk penumpang maupun warga sekitar dan khusus bersamaan dengan HUT PT KAI ini, kita berikan 300 dosis vaksin,” kata Daniel.

Terpisah, salah satu penumpang KA di Stasiun Purwokerto, Dimas mengatakan, perjalanan KA yang waktu tempuhnya lebih cepat sangat menguntungkan para penumpang, karena bisa lebih hemat waktu. Terlebih di tengah situasi PPKM, dimana interaksi sosial sebisa mungkin dibatasi.

“Selama ini pemberlakuan prokes di atas KA sudah sangat tertib, namun dengan waktu tempuh yang lebih cepat, pasti kita sangat menyambut baik,” tuturnya.

Lihat juga...