Permudah Akses Transportasi, Pemkab Bangka Bangun Jalan Tanah 11 Kilometer

SUNGAILIAT  – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan jalan tanah urukan atau puru sepanjang 11 km guna mempermudah akses transportasi antardesa dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bangka, Ismir Rachmaddinianto melalui pesan singkat di Sungailiat, Bangka, Sabtu mengatakan peningkatan jalan itu tersebar di 10 desa di lima kecamatan yakni Kecamatan Punding Besar, Merawang, Mendo Barat, Bakam, dan Riau Silip.

Menurut dia, panjang jalan beragam atau disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat desa setempat.

“Peningkatan jalan tanah puru merupakan kegiatan lanjutan program pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW) dengan skema pemberdayaan masyarakat desa setempat atau padat karya,” jelasnya.

Kegiatan PISEW dirancang untuk mengurangi kesenjangan antarwilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah, kecamatan, dan desa serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa.

Kegiatan pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat di tengah pandemi COVID-19, kata dia, sangat membantu menambah pendapatan masyarakat yang terlibat.

“Saya berharap kegiatan yang sama tahun depan dapat diperluas cakupan kegiatan peningkatan infrastruktur jalan di sejumlah desa dan kecamatan,” jelas Ismir.

Dia mengajak partisipasi aktif masyarakat untuk bersama-sama menjaga infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah guna kepentingan bersama.

“Sarana yang dibangun milik kita bersama dan harus dijaga bersama-sama juga,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...