Pernah Terpapar Covid-19, Kapolresta Banyumas Berikan Tips Sehat di Masa Pandemi

Editor: Koko Triarko

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Firman L. Hakim di Mapolresta Banyumas, Jumat (17/9/2021). -Foto: Hermiana E. Effendi

PURWOKERTO – Pernah terkonfirmasi positif Covid-19 dan sampai harus menjalani perawatan, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Firman L. Hakim berbagi tips dalam upaya menjaga kesehatan dan kebugaran di tengah pandemi. Menurutnya ada tiga hal utama yang selalu dijalankan rutin untuk meningkatkan imunitas.

“Pertama menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat beraktivitas di manapun, kedua rutin berolahraga dan yang terakhir jangan diet, artinya jangan sampai terlambat makan,” kata Kapolresta, Jumat (17/9/2021).

Jangan diet yang dimaksud Kapolresta adalah jangan menunda makan atau dengan sengaja mengurangi makan. Mengingat dalam situasi pandemi Covid-19, tubuh membutuhkan asupan makanan dan gizi yang cukup. Sehingga sangat tidak disarankan untuk sengaja mengurangi makan dengan alasan diet, kecuali mengurangi makan karena alasan kesehatan seperti penderita diabetes yang mengurangi kunsumsi gula dan sejenisnya.

Kapolresta mengaku tidak mempunyai pantangan makan apapun, namun tetap harus diupayakan untuk mengkonsumsi makanan sehat. Sehingga sayur dan buah juga harus rutin dikonsumsi.

“Jadi tidak perlu diet, dietnya adalah dengan berolahraga rutin, karena berolahraga itu membakar kalori, sama dengan diet, namun lebih sehat proses dan hasilnya,” jelas Kapolresta.

Olahraga yang rutin dijalani Kapolresta, antara lain tenis meja, jalan kaki serta lari. Untuk jalan kaki, Kapolresta menyarankan dilakukan minimal 30 menit dalam satu hari, dan harus dilakukan secara rutin. Sedangkan untuk tenis meja dan lari dilakukan dengan tetap mengukur kondisi dan kekuatan tubuh.

“Rutin berolahraga namun jangan over, harus bisa mengukur kekuatan dan kemampuan tubuh sendiri dan sebisa mungkin harus terkena sinar matahari setiap pagi,” pesannya.

Terkait pentingnya melakukan aktivitas olahraga di tengah pandemi, juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto.

Menurutnya, aktivitas fisik seperti olahraga harus tetap rutin dilakukan. Sadiyanto juga menyarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak minum alkohol dan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Untuk olahraga, lanjutnya, bisa dengan bersepeda seperti yang sekarang sedang banyak dilakukan masyarakat. Namun dengan catatan, tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak berkerumun. Atau bisa melakukan olahraga lainnya seperti joging, jalan sehat atau senam.

“Minum air putih yang cukup, kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak, istirahat yang cukup dan minum suplemen vitamin C. Dan, jangan lupa kondisi psikis juga sangat penting dijaga karena bisa berpengaruh terhadap kondisi fisik kita, sehingga harus tetap bersemangat dan jangan lupa untuk bahagia,” kata Sadiyanto.

Lihat juga...